GelarTikar Wisata Tempat Wisata di Sukabumi yang Terbaru, Indah, dan Hits

Tempat Wisata di Sukabumi yang Terbaru, Indah, dan Hits

Mengunjungi tempat wisata adalah hal yang harus kamu agendakan secara rutin. Fungsinya, untuk mendapatkan kesegaran pikiran dan hati. Sehingga, saat kembali, otak akan bisa bekerja dengan optimal lagi. Nah, salah satu rekomendasi destinasi liburan yang bisa kamu sambangi adalah tempat wisata di Sukabumi.

Sukabumi sendiri merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang jarang dijadikan destinasi wisata favorit ketimbang Bandung. Namun, bukan berarti tempat wisatanya tidak menarik. Untuk kamu yang menyukai tempat berlibur yang tidak terlalu riuh, Sukabumi adalah jawabannya.

Lantas, apa saja tempat wisata di Sukabumi yang highly recommended? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Jembatan Gantung Sukabumi yang Memicu Adrenalin

Wisata Sukabumi, Jembatan GantungSource: shutterstock

Wisata indah Sukabumi yang pertama adalah Jembatan Gantung Sukabumi. Tempat ini sudah dibuka sejak 2018 lalu. Lokasinya ada di Kawasan Situ Gunung yang termasuk dalam Taman Nasional Gunung Gede Pangrango atau TNGGP.

Sebetulnya, jembatan ini masih dalam tahap pembangunan. Namun, sudah jadi salah satu wisata yang hits di Sukabumi. Pasalnya, panjang jembatan mencapai 240 meter yang menghubungkan dua bukit. Bahkan, dapat memecahkan rekor MURI sebagai jembatan terpanjang di Indonesia.

Melewati jembatan ini pastinya akan membuat detak jantungmu terpompa karena ada di atas jurang dengan kedalaman yang membuat bulu kuduk merinding.

Curug Cimarinjung yang Cantiknya Bikin Hati Tenang

Curug SimarinjungSource: travelspromo

Salah satu wisata alam Sukabumi yang tidak boleh kamu lewatkan sama sekali adalah Curug Cimarinjung. Sebab, pemandangan indahnya akan membuat hati merasa tenang seketika. Di sekitar air terjun yang tingginya 45 meter, terdapat pohon-pohon yang rindang.

Warna air yang tampak hijau kebiruan membuat mata serasa dimanjakan. Jika kamu tertarik bermain air di tempat ini, sila datang saja ke Desa Ciwaru, Ciemas, Sukabumi. Kamu tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam akrena tiket masuknya hanya Rp 3 ribu saja. Murah banget, ya!

Kampung Ciptagelar yang Masih Mempertahankan Tradisi

Wisata Kampung Cipta Gelar SukabumiSource: shutterstock

Kampung Ciptagelar ini merupakan sekelompok masyarakat di Sirnaresmi, Cisolok, Sukabumi yang masih mempertahankan adat istiadatnya. Dimana kampung ini tidak tersentuh oleh modernisasi. Begitu masuk ke lokasi, kamu akan merasakan suasana masa lampau yang kuat. Pun, suhu dingin yang meresap ke tubuh karena lokasinya ada di wilayah dataran tinggi.

Rumah adatnya juga masih terjaga sampai saat ini. Ada juga tradisi yang masih dilakukan seperti Seren Tahun. Apa sih, Seren Tahun itu? Nah, tradisi ini adalah sebuah pengerahan hasil bumi untuk disimpan ke lumbung.

Untuk masuk ke kampung ini, kamu hanya membutuhkan biaya sebesar Rp 5 ribu saja.

Pantai Pangumbahan dengan Penangkaran Penyu-nya

Pantai PangumbahanSource: shutterstock

Pantai Pangumbahan ada di Desa Gunung batu, Ciracap, Sukabumi. Salah satu daya tarik dari tempat wisata Sukabumi ini adalah adanya penangkaran penyu. Selain itu, pemandangannya juga sangat indah. Jika beruntung, kamu akan menyaksikan pelepasan anak penyu ke samudera. Oh ya, biasanya proses pelepasan dilakukan setiap jam 5 sore. Jadi, rencanakan dengan baik itinerary-mu agar mendapatkan momen ini, ya!

Selain melihat penyu, kamu bisa berselancar di Pantai Pangumbahan. Ombaknya seakan mengajak kamu bermain dengan segera. Semua keindahan itu bisa kamu rasakan hanya dengan membayar tiket masuknya seharga Rp 5 ribu saja.

Pantai Citepus dengan Karakteristik Pasir yang Unik

Pantai Citepus CukabumiSource: shutterstock

Satu lagi tempat wisata di Sukabumi yang berupa pantai, ialah Pantai Citepus. Lokasi pantai ini ada di Jalan Raya Cisolok. Pantai ini memiliki tekstur pasir yang agak keras, sehingga cukup unik dan berbeda. Ombak pantai ini cukup besar, jadi awasi selalu anak-anak yang ikut serta.

Pun, tidak disarankan untuk yang tidak bisa berenang mendekati bibir pantai. Cukup duduk santai di tepian sambil merasakan sejuknya angin pantai dan suara deburan ombak yang menenangkan. Jangan lupa bakar-bakaran ikan supaya suasana semakin menyenangkan.

Harga tiketnya agak lebih mahal dari destinasi sebelumnya, namun, tetap affordable, kok!

Pantai Cipanarikan yang Dilengkapi Sungai Kecil

Pantai CipanarikanSource: shutterstock

Masih dengan detinasi wisata Sukabumi berupa pantai, ada Cipanarikan yang menarik perhatian. Pasir pantai yang putih, bersih, dan lembut akan membuat kamu ingin berlama-lama. Nah, waktu terbaik untuk menaklukkan keindahannya adalah di senja hari sembari menyaksikan sunset.

Selain pasirnya yang memukau, di kawasan pantai juga terdapat sungai kecil dengan pohon bakau. Kamu akan melihat air yang begitu jernih di lokasi tersebut. Untuk masuk ke Pantai Cipanarikan, kamu tidak membutuhkan biaya alias gratis.

Santa Sea WaterPark untuk Kamu yang Ingin Bersenang-Senang

Santa Sea Waterpark SukabumiSource: explorewisata

Datang ke Sukabumi bersama keluarga? Jangan lewatkan objek wisata Sukabumi yang satu ini. Ada Santa Sea WaterPark yang siap menghibur hatimu dan anak-anak. Pasalnya terdapat berbagai macam fasilitas renang yang begitu memadai. Mulai dari kolam ombak, seluncuran, mandi busa, ember tumpah, dan masih banyak lagi.

Jika sudah puas berenang, sila berkeliling taman yang masih satu lokasi dengan kolam. Ada berbagai macam tema yang tersedia, mulai dari American Cowboy dengan nuansa suku Indian dan koboi, serta Forest Jungle yang memiliki koleksi satwa yang lucu.

Semua kesenangan itu bisa kamu dapatkan hanya dengan membayar Rp 35 ribu saja, worth it!

Tebing Panenjoan yang Cocok untuk Menyaksikan Panorama

Wisata Sukabumi, Tebing PanenjoanSource: trivindo

Lokasi Tebing Panenjoan ada di Desa Tamnajaya, Ciemas, Sukabumi. Sesuai dengan namanya, tempat ini memang difungsikan untuk melihat pemandangan dari atas ketinggian. Dari sini, perpaduan antara panorama langit biru, dengan hamparan sawah hijau, dan air terjun membuat hati tak henti merapal nama Tuhan karena keindahannya.

Tempat wisata Sukabumi ini ada di gerbang Geopark Ciletuh, sehingga, untuk datang, tidak perlu membayar tiket masuk. Hanya saja, jika kamu membawa kendaraan, maka akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3 ribu sampai Rp 5 ribu.

Goa Buniayu yang Menyimpan Kecantikan yang Tersembunyi

Goa Buniayu, SukabumiSource: takaitu

Pesona Sukabumi ternyata juga ada yang tersimpan dalam sebuah goa. Bernama Buniayu, kamu akan menyaksikan pahatan alam berupa ornamen yang eksotis. Gemericik airnya juga memberikan kesan mistis nan misterius. Goa ini sangat cocok untuk dikunjungi oleh penggemar petualangan.

Lokasi Goa Buniayu ada di Cipisung, Kerta Angsana. Meski sangat cantik, kamu hanya wajib membayar biaya masuknya sebesar Rp 5 ribu saja. Untuk masuk ke goa bagian dalam, sangat disarankan menyewa peralatan keamanan. Pastikan juga kamu menggunakan jasa pemandu.

Danau Batu Bacan yang Awalnya Penambangan

Wisata Dana Batu Bacan SukabumiSource: gotravelly

Sukabumi memang surganya wisata alam. Salah satu yang layak kamu explore adalah Danau Batu Bacan. Destinasi wisata Sukabumi yang satu ini merupakan sebuah danai yang memiliki warna air yang hijau.

Mulanya, Danau Batu Bacan adalah tambang batu yang jadi mata pencaharian masyarakat. Namun, seketika air muncul serta mulai menggenangi wilayah dan terbentuk lah danau yang cantik ini. Untuk harga tiketnya sendiri hanya Rp 2 ribu saja. Jika berminat, sila datang ke Jalan Bojong, Kecamatan Cikembar, Sukabumi.

Rafting Citarik untuk Menguji Kekompakan

Rafting Citarik SukabumiSource: medium

Sungai jernih di Sukabumi memang terlalu sayang jika tidak dijelajahi dengan kegiatan Arung Jeram. Sungai Citarik adalah salah satu yang bisa dipilih karena lumayan panjang yakni sekitar 44 km dengan arus yang cukup menantang.

Rafting juga bisa jadi kegiatan yang menguji kekompakanmu dengan teman atau rekan kerja. Bagi penggemar olahraga air, wajib menjajal derasnya sungai Citarik ini. Kamu hanya perlu membayar Rp 200 ribu saja. Cek lokasinya di Jalan Raya Pelabuhan Ratu KM 27, Cikiray, Sampora, Sukabumi.

Kawah Ratu yang Indah

Kawah RatuSource: backpackerjakarta

Selain pantai dan curug-nya, tempat wisata Sukabumi yang bisa kamu kunjungi adalah kawah. Nah, Kawah Ratu sendiri merupakan destinasi yang cukup menarik untuk disambangi. Di lokasi ini, kamu akan mendapatkan foto yang instagenic jika mengambil di angle yang tepat.

Selain itu, kunjungi juga aliran Sungai Cikuwulung dengan airnya yang hangat dan mengandung belerang. Memang agak bau, tapi kandungan belerangnya bisa mengobati penyakit kulit dan membuat kulit menjadi mulus.

Rumah Fantasi dengan Spot Foto Kekinian

Rumah Fantasy, Wisata Foto 3D di SukabumiSource: traveloka

Rumah Fantasi adalah salah satu wisata Sukabumi terbaru dan kekinian. Rumah ini dibangun terbalik serta memiliki puluhan spot foto yang sangat menarik. Selain itu, ada 19 spot permainan 3D serta 11 spot dunia terbalik.

Tidak ada batas usia pengunjung, jadi siapa saja boleh masuk. Jika bingung dengan pose yang tepat, ada guide yang siap memandu kamu dalam berpose supaya hasil fotonya jadi maksimal. Harga tiket masuk ke Rumah Fantasi adalah Rp 35 ribu saja.

Bravo Adventure, Lokasi Camping dengan Fasilitas Hotel

Bravo Adventure, Wisata Camping Mewah di SukabumiSource: pegipegi

Ingin menginap di Sukabumi dengan suasana yang tidak biasa? Jika begitu, kamu disarankan untuk memilih Bravo Adventure. Tempat ini memungkinkan kamu ber-camping di hutan tapi secara lebih mewah. Sebab, di dalam tenda, akan ada fasilitas kamar hotel bintang lima.

Selain menginap, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman menarik dengan rafting atau berburu spot foto yang menarik. Lokasi wisata Sukabumi yang satu ini ada di Jalan Bantarselang, Cikidang, Sukabumi.

Karang Aji Beach Villa dengan Konsep Rumah Pohon Raksasa

Karang Aji Beach Villa SukabumiSource: booking.com

Kalau kamu datang ke Pelabuhan Ratu, silakan sempatkan mampir ke Karang Aji Beach Villa. Konsep vila ini cukup unik, yakni sebuah rumah pohon berukuran raksasa. Rasakan sensasi menginap di atas bukit yang dilengkapi pemandangan laut.

Untuk interior vila sendiri mengusung warna rona kayu alami. Sehingga, kamu bisa benar-benar merasa rileks. Tempat ini juga sangat cocok untuk berfoto. Lokasi vila ini ada di Jalan Raya Cisolok km 24, Cisolok, Sukabumi.

Geopark Ciletuh dengan Beragam Objek Wisata

Wisata Geopark Cileteuh SukabumiSource: tagar.id

Tempat wisata Sukabumi yang selanjutnya adalah Geopark Ciletuh. Dimana luas lokasinya sekitar 128 hektar yang melingkupi 74 desa. Meski luas, tetapi kebersihannya sangat terjaga. Di Geopark Ciletuh, kamu bisa mengunjungi beberapa tempat wisata, mulai dari Curug Awang, Puncak Darma, dan juga Vihara Dewi Kwan Im.

Untuk masuk ke Geopark Ciletuh, kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 3 ribu saja. Sila datang ke Jalan Girimukti, Ciemas, Sukabumi untuk mulai perjalanan yang menyenangkan ini.

Halimun Adventure Journey untuk Petualangan Alam Bebas

Wisata Gunung Halimun SukabumiSource: wisatahalimun

Beraktivitas fisik saat liburan ternyata cukup menyehatkan, lho! Jika kamu salah satu yang menyukai wisata alam bebas, maka Halimun Adventure Journey sangat layak untuk dicoba. Pada perjalanan wisata ini, kamu akan menelusuri Hutan Halimun dan menyaksikan keindahan flora serta fauna alaminya.

Anda juga bisa menyaksikan kegiatan warga di perkebunan teh dan sawah. Sesekali, rehat lah dari perjalanan dan bersantai menikmati ketenangan khas alam dan hawa sejuk yang membuat hati semakin damai.

Untuk menyusuri Hutan Halimun ini, silakan bayar tiket masuk Rp 15 ribu saja. Lokasi wisata Sukabumi yang satu ini ada di Jalan Ciwalen, Malasari, Nanggung.

Itulah pemaparan tentang beberapa wisata Sukabumi, mulai dari wisata alam hingga destinasi kekinian. Siap memulai perjalanan liburan di Sukabumi? Yuk, segera susun itinerary-nya!

Author: Anna

Saya Anna, sangat gemar menulis. Karena melalui tulisanlah, Saya bisa berbagi pengetahuan dan wawasan kepada para pembaca ... :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GelarTikar.com