GelarTikar Wisata Tempat Wisata Dieng Wonosobo di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Dieng Wonosobo di Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

Tempat wisata Dieng Wonosobo Jawa Tengah
Kabut pagi di tempat wisata Dieng Wonosobo, Jawa Tengah (image source : shutterstock.com)

Tak heran jika Dieng kerap disebut seperti sepercik surga yang jatuh ke bumi. Hal ini dikarenakan kecantikan pesona alam berpadu dengan budaya yang begitu mengagumkan. Maka jangan heran jika wisata Dieng semakin hari semakin populer.

Negeri atas awan bukan julukan yang berlebihan untuk dataran yang ada di ketinggian lebih dari 2000 mdpl. Tentu, kamu tidak bisa melewatkan berbagai wisata Dieng yang diperbarui dari waktu ke waktu.

Mungkin, untuk kamu yang datang beberapa tahun yang lalu, akan merasa takjub dengan semakin banyaknya tempat wisata Dieng yang bisa dikunjungi.

Baik objek wisata Dieng yang baru atau yang sudah mainstream, tentu wajib untuk disambangi. Apalagi, untuk yang sudah jenuh dengan suasana kota yang riuh dengan problematika.

Untuk memandumu sebelum berwisata ke Dieng, sila simak beberapa referensi destinasi wisata Dieng yang super epic. Penasaran di mana saja? Yuk, cari tahu pada daftar berikut ini!

Berburu Golden Sunrise di Bukit Sikunir

Golden sunrise di Bukit Sikunir
Indahnya Golden Sunrise di Bukit Sikunir – Dieng (image source : shutterstock.com)

Wisata Dieng yang satu ini mulai hits beberapa tahun yang lalu. Bukan tanpa alasan Sikunir jadi salah satu tempat yang paling difavoritkan di Dieng. Sebab, Bukit Sikunir menawarkan pemandangan golden sunrise yang sangat indah.

Lokasi Bukit Sikunir ada di Desa Sembungan, Kejajar, Wonosobo. Untuk sampai ke puncak, kamu harus melakukan tracking sekitar 300 meter terlebih dahulu. Tentunya, kamu harus datang dini hari supaya bisa menikmati bagaimana bola raksasa di langit mulai muncul.

Kamu bisa datang ke tempat ini kapan saja. Sebab, Bukit Sikunir dibuka selama 7 x 24 jam. Ada beberapa fasilitas pendukung yang membuat pengunjung tetap merasa nyaman seperti warung, mushola, toilet, spot foto, gardu pandang, homestay, dan sebagainya.

Wisata Dieng Ala Korea di Kawah Sikidang

Ini bukan korea, tapi di Dieng lho, tepatnya di kawah sikidang (image source : kawah sikidang)

Baru-baru ini, tempat wisata Dieng ini sudah direnovasi dengan jembatan kayu sepanjang jalan menuju ke kawah. Jembatan itu bahkan semakin hits dan menjadi spot foto yang super instagenic. Dengan berfoto di jembatan ini, kamu akan tampak seperti berada di Korea Selatan.

Apalagi, jika kamu datang saat hujan mulai menyapa. Dengan menggunakan properti berupa payung, tentu fotomu akan mencuri perhatian di media sosial.

Kabut tebal di lokasi ini akan membuat aura semakin cantik, unik, dan mistis. Nah, lokasinya sendiri ada di Desa Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara.

Catat baik-baik jam operasionalnya, ya! Yakni mulai 07.00 hingga 17.00 WIB saja. Jangan lupa menggunakan baju hangat dan bawa kamera terbaik untuk berburu spot yang menarik.

Soal kenyamanan, ada beberapa fasilitas pendukung seperti toilet, mushola, pusat oleh-oleh, area parkir, wahana bermain, dan sebagainya.

Kawah Sileri, Wisata Dieng yang Penuh Misteri

Kawah sileri penuh misteri, Dieng, Wonosobo
Kawah Sileri, keindahan penuh misteri (image source : shutterstock.com)

Selain Kawah Sikidang, wisata Dieng yang berupa kawah vulkanik lain adalah Kawah Sileri. Spot wisata yang ini mempunyai keindahan yang tidak kalah menarik.

Di balik keindahannya, Kawah Sileri juga pernah mengalami letusan. Bahkan, tahun 1944, sekitar 100 orang meninggal karena letusan kawah ini. Meski begitu, Kawah Sileri saat ini semakin ramai dikunjungi. Kecantikan dari tempat wisata Dieng yang satu ini tidak membuat banyak orang takut datang.

Kepulan asap putih membumbung ke angkasa ditambah dengan pemandangan hijau serupa zamrud. Lokasinya sendiri hanya sekitar 10 menit dari pusat Dieng. Kamu tetap boleh datang mendekat ke area kawah. Namun, dikarenakan bibir kawah terbuka, kamu harus sangat berhati-hati.

Jam operasional Kawah Sileri mulai 07.00 hingga 17.00 WIB. Fasilitas pendukung di tempat ini meliputi toilet, gazebo, area parkir, pusat oleh-oleh, spot foto, serta warung makan.

Kompleks Candi Arjuna yang Penuh Jejak Sejarah

Wisata Candi Arjuna di Dieng Wonosobo
Candi Arjuna, Dieng Wonosobo (image source : pegipegi.com)

Destinasi wisata Dieng yang selanjutnya adalah Candi Arjuna. Tempat ini menyajikan jejak sejarah berupa peninggalan Hindu di Indonesia. Selain nilai sejarahnya yang begitu berharga, kawasan Candi Arjuna juga mempunyai pemandangan yang tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Candi Hindu yang lebih tua dari Borobudur ini tampak gagah dengan pemandangan sekitar candi yang sangat mendukung. Ada pepohonan pinus dengan lantai rerumputan yang membuat mata terasa dimanjakan.

Lokasi Candi Arjuna ada di Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara. Untuk mencapai tempat ini, kamu tidak perlu terlalu jauh berkendara dari pusat Dieng. Hanya sekitar 5 menitan saja untuk bisa sampai ke lokasi Candi.

Jam operasional Candi Arjuna adalah 07.300 hingga 17.00 WIB. Sedangkan fasilitas tambahan berupa area parkir, mushola, akses yang mudah, toiler, warung makan, wahana berkuda, pusat oleh-oleh, dan juga wahana permainan ekstrem.

Bentangan Selendang Dewi di Telaga Warna

Telaga Warna, Dieng Wonosobo
Telaga Warna, salah satu wisata Dieng yang begitu indah mempesona (image source : shutterstock.com)

Siapa yang bisa menampik keindahan dari Telaga yang memiliki warna yang berbeda-beda. Mulai dari biru, toska, hijau, ungu, dan kuning. Menurut mitos masyarakat, warna-warni pada Telaga disebabkan karena selendang dewi Nawang Wulan yang jatuh ke bumi.

Namun, secara sains, perbedaan warna pada telaga disebabkan karena kandungan belerang yang menyebabkan warna telaga bisa berubah-ubah. Selain itu, didukung juga dengan pantulan sinar matahari yang membuat warnanya kian beragam.

Kabut tipis yang menyelimuti telaga membuat lokasi tampak semakin romantis. Jika kamu datang bersama pasangan, tentu akan membuat hubungan jadi semakin rekat.

Wisata Dieng yang satu ini berlokasi di Dieng Wetan, Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah. Jam operasionalnya sendiri dimulai pukul 08.00 hingga 17.00.

Fasilitas tambahan di tempat ini meliputi area parkir, gazebo, spot foto, mushola, serta toilet.

Museum Kailasa yang Menyimpan Peninggalan Masa Lampau

Museum Kailasa
Mempelajari sejarah Dieng melalui Museum Kailasa (image source : antarafoto.com)

Jika kamu datang ke Dieng tidak hanya untuk berwisata, maka Museum Kailasa adalah jawabannya. Tempat wisata Dieng yang satu ini menyimpan sejarah Dieng berupa flora, fauna, kehidupan masyarakat, adat istiadat, kebudayaan, hingga sistem kepercayaannya.

Museum Kailasa memiliki luas sekitar 560 meter persegi dan terdapat dua bangunan. Museum yang berdiri sejak 1984 ini menyimpan arca, makar, mala, candi, lingga, serta yoni. Terdapat juga patung dewa serta keragaman seni dan budaya di Dieng.

Kamu juga bisa menyaksikan film dokumenter mengenai Dieng di tempat ini. Lokasi Museum Kailasa ada di Jalan Dieng, Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Menguak Mitos di Tuk Bimo Lukar

Tuk Bimo Lukar, Dieng
Jangan lupa ke Tuk Bimo Lukar jika ingin awet Muda (image source : pinterest.com)

Menjelajah seluruh wisata Dieng sepertinya tidak cukup hanya dalam satu atau dua hari saja. Sebab, ada puluhan yang bisa dikunjungi. Salah satu yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Tuk Bimo Lukar.

Konon, Tuk Bimo Lukar ini memiliki air yang dapat membuat tubuh jadi lebih awet muda. Tentu saja, belum bisa dipercaya sepenuhnya, ya! Namun, yang pasti, mata air yang satu ini adalah hulu sungai serayu dari Dieng ke Laut Cilacap.

Lokasi objek wisata Dieng yang satu ini ada di Desa Kalilembu, Dieng, Kejajar, Wonosobo. Kamu bisa datang kapan saja karena dibuka 7 x 24 jam. Fasilitas pendukung di tempat ini meliputi gazebo, area parkir, spot foto, warung makan, taman, dan kolam untuk mandi.

Keindahan yang Tidak Bisa Ditampik di Telaga Merdada

Telaga Merdada, Wisata Dieng yang mempesona
Indahnya panorama di Telaga Merdada (image source : shutterstock.com)

Selanjutnya, ada Telaga Merdada yang pastinya bisa memanjakan mata. Wisata Dieng yang berupa danau ini memiliki keindahan sejati. Dimana sekeliling telaga ada terasering warga yang membuatnya tampak sangat cantik.

Sedangkan aktivitas yang bisa kamu lakukan di Telaga Merdada adalah camping, naik perahu, memancing, serta hunting foto yang bagus. Akses jalan ke lokasi juga cukup mudah, bahkan bisa dijangkau kendaraan roda empar.

Lokasinya sendiri ada di Karangtengah, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah. Kamu bisa datang ke Telaga Merdada mulai jam 07.00 hingga 17.00 WIB. Sedangkan fasilitas pendukungnya adalah warung kopi, gardu pandang, gazebo, mushola, toilet, spot foto, dan juga perahu kayak.

Sumur Jalatunda, Wisata Dieng yang Berasal dari Zaman Purba

Sumur Jalatunda
Sumur Jalatunda, Wisata Dieng zaman purba yang penuh mitos (image source : traverse.id)

Wisata Dieng Jawa Tengah yang satu ini merupakan salah satu peninggalan dari zaman purba. Tentu saja, keberadaan Sumur Jalatunda memiliki cerita, rumor, mitos, serta suasana yang mistis.

Sebelum kamu sampai ke Sumur Jalatunda, ada hamparan sawah dan ladang yang terbentang secara luas. Perbukitan di sekitar sumur terdiri dari lahan kentang yang sangat menarik.

Untuk sampai ke lokasi, agaknya kamu perlu effort lebih. Sebab, ada 257 anak tangga yang harus didaki. Jika percaya, konon, kalau kamu bisa melemparkan batu hingga dasar sumur, maka keinginan bisa terwujud.

Kedalaman dari sumur sekitar 100 meter dengan warna air yang kehijauan. Tentu menarik untuk mengulik misteri yang ada di Sumur Jalatunda. Sila datang saja ke Pekasiran, Batur, Banjarnegara, jika tertarik mengunjunginya.

Ada fasilitas pendukung seperti gazebo, akses jalan yang oke, warung kopi, area parkir, dan sebagainya.

Padang Savana Dieng bak Sedang di Afrika

Padang Savana Dieng
Indahnya bentangan Padang Savana Dieng (image source : instagram.com/dany.am)

Salah satu tempat wisata Dieng yang sedang hits akhir-akhir ini adalah Padang Savana Dieng. Pesona alamnya benar-benar tidak tertandingi. Sebab, di lokasi ini, kamu akan melihat padang rumput yang hijau nan memesona. Ditambah lagi dengan adanya pemandangan gunung yang cantik.

Di Padang Savana Dieng, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas seperti camping, tracking, hingga berburu spot foto yang instagenic.

Dari lokasi, kamu juga bisa menyaksikan pesona dari Kawah Sikidang serta Telaga Merdada dari atas. Untuk kamu yang akan merasakan keindahan objek wisata Dieng ini, silakan mulai mendaki dari Kawah Sikidang dengan perjalanan sekitar 45 menit. Meski capek, tapi kamu akan merasakan sensasi kepuasan melihat pemandangan laiknya sedang di Afrika.

Lokasi Padang Savana Dieng ada di Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara. Sila datang pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Dengan fasilitas tambahan berupa warung makan, lokasi parkir, toilet, mushola, pos pendakian, camping area, dan sebagainya, tentu kamu akan merasa lebih nyaman.

D’qiano Hot Spring Waterpark, Pemandian Air Panas yang Bikin Relaks

D'Qiano Hot Spring Dieng
Nikmati kehangatan berendam di D’Qiano Hot Spring Waterpark (image source : blogpackerindonesia)

Kalau kamu sudah capek setelah mengelilingi tempat wisata Dieng, jangan lupa cek peta wisata Dieng untuk menemukan D’Qiano Hot Spring Waterpark.

Sebab, di waterpark ini, kamu bisa merasakan sensasi berendam di dalam kolam air panas. Dimana sumber airnya berasal dari Kawah Sileri yang kaya akan belerang. Jadi, bisa lebih menyehatkan kulit dan tubuh.

Tak hanya bisa bermain air saja, kamu juga bisa merasakan permainan yang super seru. Mulai dari slider, ember tumpah, dan sebagainya. Di D’Qiano, ada juga kolam yang serupa dengan onsen di Jepang yang bersumber dari air panas yang keluar dari perut bumi.

Batu Angkruk, Jembatan Kaca yang Hits Banget

Batu Angkruk, Jembatan Kaca di Dieng yang Hits
Batu Angkruk, wisata Dieng yang lagi hits (image source : penginapandieng.net)

Baru-baru ini, ada objek wisata Dieng yang sangat mencuri perhatian. Yakni teras kaca yang jadi spot foto anti-mainstream bernama Batu Angkruk.

Dari teras kaca ini, kamu bisa melihat dengan jelas gunung Sindoro Sumbing yang sangat cantik. Tentu, ini akan jadi background foto yang super keren.

Jangan lupa mengunjungi lokasi ini jika kamu berkunjung ke Dieng. Sebab, Batu Angkruk ini berlokasi di area 15%, bawah Desa Wadasputih, Kejajar, Wonosobo. Tepat di pinggir jalan, lho! Jadi, aksesnya sangat mudah.

Jam operasional dari Batu Angkruk adalah pukul 06.00 hingga 17.00 WIB. Sebaiknya datang di pagi hari supaya kamu juga bisa mendapatkan sunrise yang mengagumkan.

Lokasi ini dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas. Mulai dari area parkir, mushola, toilet, gazebo, warung makan, pusat oleh-oleh, dan taman bunga.

Batu Pandang Ratapan Angin yang Membingkai Pemandangan Telaga Warna

Batu Pandang Ratapan Angin
Melihat Keindahan Telaga Warna dari Batu Pandang Ratapan Angin (image source : shutterstock.com)

Jika kamu memburu spot instagramable di Dieng, lokasi ini tidak boleh dilewatkan. Sebab, Batu Pandang Ratapan Angin ini membingkai dengan apik pesona pemandangan Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Batu Pandang ini berupa bebatuan dengan berbagai tanaman hijau di sekitarnya.

Dari tempat wisata Dieng yang satu ini, kamu akan mendapatkan foto yang kece. Begitu posting di Instagram, tentu fotomu akan banjir like.

Kamu bisa meng-eksplor lokasi Batu Pandang sepuasnya mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB. Sila datang saja ke Dieng Wetan, Kejajar, Wonosobo. Fasilitas yang ada di Batu Pandang meliputi area parkir, mushola, warung kopi, toilet, dan sebagainya.

Bukit Skoter untuk Berburu Sunrise dan Sunset

Bukit Skoter
Berburu Sunrise di Bukit Skoter (image source : jejakpiknik.com)

Ada dua pilihan terbaik untukmu datang ke Bukit Skoter. Bisa dini hari untuk berburu sunrise, atau sore hari untuk menunggu sunset. Tempat wisata Dieng ini memang sangat bisa diandalkan untuk menikmati waktu libur.

Dari Bukit Skoter, kamu juga akan melihat pemandangan desa, sekaligus gunung dan bukit-bukit. Untuk ke lokasi, kamu hanya perlu berkendara sepanjang 4 km dari Candi Arjuna. Aktivitas lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan bermalam (camping) di tempat ini.

Kamu bisa menyaksikan bintang berkilauan di atas angkasa. Seakan-akan menaungi malammu di Bukit Skoter ini. Lokasi Bukit Skoter ada di Simpangan, Dieng, Batur, Banjarnegara.

Dieng Plateau Theater dengan Arsitektur Menarik dan Menawarkan Edukasi

Dieng Plateau Theater
Dieng Plateau Theater (image source : yukpiknik.com)

Dieng juga menawarkan tempat wisata sekaligus edukasi untuk pengunjungnya. Lokasinya, ada di Dieng Plateau Theater. Kamu bisa menyaksikan pertunjukan yang menarik berupa letak geografis, sejarah, serta kebudayaan di Dieng.

Bangunannya juga memiliki bentuk yang menarik serta berundak-undak. Sedangkan kapasitas ruangannya sendiri bisa menampung sekitar 100 orang.

Untuk datang ke tempat wisata Dieng ini, catat jam operasionalnya, yakni pukul 07.00 sampai 18.00.

Gunung Pakuwojo untuk Penggemar Hiking

Puncak Gunung Pakuwojo, Dieng, Wonosobo
Puncak Gunung Pakuwojo, Dieng (image source : tribunnews.com)

Selain Sikunir, ada juga gunung lain yang menawarkan pemandangan jajaran gunung yang mengungkung Dieng. Mulai dari Prau, Sindoro, Merbabu, Nganjir, dan juga berbagai lembah dan persawahan yang meneduhkan. Tempat wisata Dieng yang satu ini adalah Gunung Pakuwojo.

Ketinggian gunung ini adalah 2.395 mdpl. Sedangkan waktu tempuh untuk mendaki adalah 1,3 hingga 3 jam. Nama Pakuwojo sendiri berasal dari batu besar yang memiliki bentuk laiknya paku. Sedangkan lokasinya ada di antara 2 telaga wurung atau istilah untuk menyebut telaga hasil letusan vulkanik.

Sensasi keindahannya tidak hanya saat naik saja, melainkan ketika kamu turun dari gunung. Dimana ada flora dan fauna yang memanjakan mata.

Itulah deretan tempat wisata Dieng yang bisa kamu kunjungi saat liburan kali ini. Mana yang paling menarik perhatianmu?

Author: Anna

Saya Anna, sangat gemar menulis. Karena melalui tulisanlah, Saya bisa berbagi pengetahuan dan wawasan kepada para pembaca ... :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GelarTikar.com