GelarTikar Teknologi Teknologi Jepang yang Populer di Seluruh Dunia

Teknologi Jepang yang Populer di Seluruh Dunia

Teknologi Jepang yang Populer di Dunia
Shinkansen / kereta peluru Jepang (image source : timeout.com)

Kita harus berterima kasih kepada orang Jepang atas beberapa penemuan yang telah membuat hidup kita jauh lebih nyaman, lezat, dan menyenangkan seperti kereta peluru, mi instan, dan Nintendo Gameboy.

Tetapi banyak dari kita tidak tahu bahwa orang Jepang juga benar-benar menemukan benda sehari-hari lainnya yang membuat hidup lebih menarik, dan penemuan ini ada di mana-mana sekarang.  Berikut adalah penemuan yang sering kita anggap remeh, tetapi juga membuktikan betapa inovatifnya orang Jepang.

Teknologi Jepang Yang Populer Di Dunia

Berikut adalah beberapa teknologi Jepang yang populer di dunia yang ditemukan oleh orang Jepang.

1. Senjata airsoft Gun

Memainkan video game menembak dapat menghilangkan stres dan melampiaskan ketegangan yang terpendam.  Tapi tidak ada yang mengalahkan sensasi baku tembak secaral “real” di kehidupan nyata. Ternyata, Jepang adalah yang pertama memainkan game tembak-menembak di kehidupan nyata namun tetap aman melalui senjata Airsoft.

Airsoft berasal dari Jepang pada awal tahun 1970-an.  Ada undang-undang senjata yang ketat yang melarang kepemilikan senjata api. Tetapi ada pasar senjata replika yang berkembang, dan ini legal.  Beberapa penggemar kemudian mulai memodifikasi senjata model ini untuk menembakkan pegas dan proyektil bertenaga gas.

Meskipun senjata ini pada awalnya dirancang untuk menembak sasaran, akhirnya dapat domodifikasi agar aman dalam penggunaannya. Pelet plastik diproduksi sehingga dapat ditembakkan ke manusia tanpa menyebabkan cedera parah, berbeda jika dibandingkan dengan senjata BB yang menembakkan proyektil logam yang menyakitkan.

Senjata airsoft segera menjadi populer untuk permainan perang simulasi kasual, yang oleh orang Jepang disebut permainan bertahan hidup.

Permainan ini dengan cepat populer di negara-negara tetangga seperti Hong Kong, Taiwan, dan Cina, di mana ada undang-undang senjata yang ketat.  Karena semakin banyak perusahaan mengambil produksi senjata bertenaga gas ini, popularitas mereka menyebar ke Amerika Utara juga. 

2. Ponsel Berkamera

Kyocera-VP-210-Kamera-Teknologi-Jepang
Kyocera Visual Phone VP-210, salah satu teknologi Jepang populer (image source : androidauthority.com)

Kyocera, sebuah perusahaan elektronik Jepang, mengembangkan ponsel berkamera komersial pertama.  Ponsel ini dirilis di Jepang pada Mei 1999.

Ponsel ini disebut Kyocera Visual Phone VP-210, dan memiliki kamera depan 110.000 piksel. Sebagai perbandingan, iPhone 11 Pro Max saat ini menawarkan kamera 12MP.  Itu sekitar 109 kali lebih tajam daripada ponsel 1999 VP-210!

VP-210 dapat menyimpan hingga 20 gambar JPEG yang kemudian dapat dikirim melalui email atau jaringan seluler Jepang.

Sharp kemudian mengembangkan ponsel kamera pasar massal pertama, J-SH04, yang dirilis pada November 2000. Ponsel berkamera jelas merupakan salah satu teknologi Jepang yang sangat populer di dunia hingga saat ini.

3. Kode QR

Kode QR adalah kode batang matriks dua dimensi yang ditemukan oleh perusahaan Jepang Denso Wave pada tahun 1994. Tujuan awalnya adalah untuk melacak kendaraan dan memindai komponen dengan kecepatan tinggi selama proses pembuatan, sehingga dirancang untuk memecahkan kode informasi dengan cepat.

Saat ini, kode QR digunakan untuk banyak hal dalam kehidupan kita sehari-hari seperti Iklan, Tiket film, dan konser.

4. Kamera DSLR

Nikon mempresentasikan prototipe kerja pertama kamera digital single-lens reflex (DSLR) pertama pada tahun 1986 di Photokina, sebuah pameran perdagangan fotografi.  Kamera  memiliki sensor 0,3 megapiksel, dan menggunakan floppy disk magnetik untuk menyimpan hingga 50 gambar hitam dan putih sekaligus.  Meskipun spesifikasi tersebut mungkin sangat minim, Nikon membuka jalan bagi revolusi digital dalam fotografi.

Sebenarnya ada beberapa kamera digital lain yang dibuat sebelum prototipe Nikon, seperti seri Sony Mavica dan kamera digital pertama oleh Steven Sasson dari Eastman Kodak. Namun kamera-kamera tersebut tidak menampilkan desain SLR, dimana SLR ini merupakan patokan / acuan kamera profesional standar.

5. 3D Printing

Eksperimen pencetakan 3D pertama yang tercatat berasal dari tahun 1981 oleh penemu Jepang Dr Hideo Kodama.  Dia menggunakan sinar ultraviolet untuk mengeraskan resin polimer dan membuat model plastik 3D lapis demi lapis.  Sayangnya, permohonan paten untuk teknologi pencetakan 3D-nya tidak berhasil, karena ia tidak dapat mengajukan permohonan sebelum batas waktu satu tahun.

Saat ini, pencetakan 3D digunakan dalam pembuatan mobil, konstruksi, senjata api, dan bahkan dalam industri makanan dan medis.  Perusahaan Jepang seperti Sushi Singularity bahkan membuat sushi yang dapat dimakan dengan cetakan 3D berdasarkan kebutuhan nutrisi setiap pelanggan.

6. Rice Cooker

Rice Cooker atau Penanak nasi listrik praktis pertama ditemukan oleh Toshiba Electric Corporation pada tahun 1955. Toshiba telah menghabiskan lima tahun mengembangkan penanak nasi listrik.

Pada bulan Desember 1956, Toshiba Corporation merilis penanak nasi otomatis pertama yang sukses secara komersial.

Rice cooker ini menggunakan metode memasak bilik ganda yang inovatif: nasi ditempatkan ke dalam panci nasi, dan air ke wadah di sekitarnya. Setelah panci dipanaskan, penanak nasi akan mati secara otomatis saat semua air menguap, sehingga mengurangi kemungkinan nasi terbakar, dimana hal ini merupakan masalah yang dialami model-model sebelumnya.

Tak lama kemudian, Toshiba memproduksi 200.000 penanak nasi per bulan untuk pasar Jepang, dan penanak nasi telah ada di mana-mana di sebagian besar rumah tangga Asia.

7. Tinta Gel Pena

Sakura, sebuah perusahaan alat tulis yang berbasis di Osaka, memulai penelitian pada tahun 1980 tentang tinta baru berbasis gel untuk lini baru pulpen yang mirip dengan yang kita gunakan saat ini.  Permasalahan yang biasa ditemukan dengan tinta berbahan dasar minyak yang umum digunakan adalah tinta selalu cair. Hal ini dapat menyebabkan tinta membuat garis yang tidak rata jika tidak disimpan dengan benar.

Setelah banyak penelitian, Sakura merilis Ballsign pen pada tahun 1984. Ballsign adalah bolpoin yang menggunakan tinta berbasis gel yang berubah menjadi cairan saat digunakan untuk menulis di atas kertas, dan memadat saat pulpen disimpan.

8. LED Biru

Pada tahun 2014, Shuji Nakamura (warga negara Amerika yang lahir dan besar di Jepang) bersama dengan dua ilmuwan Jepang, Isamu Akasaki dan Hiroshi Amano, memenangkan Hadiah Nobel di bidang fisika untuk penemuan dioda pemancar cahaya biru (LED).  Pencapaian mereka pada tahun 1992 memecahkan masalah lama yang terbukti sangat menantang bagi para ilmuwan.

Meskipun LED hijau dan merah telah ada selama bertahun-tahun, namun tanpa dioda biru tidak mungkin menghasilkan cahaya putih seperti yang kita lihat di layar komputer dan TV berbasis LED saat ini. Pencahayaan sekarang lebih hemat energi dan hemat biaya.

9. Teknologi Shinkansen / Kereta Peluru Jepang

Pada pukul 6 pagi tanggal 1 Oktober 1964 dua kereta peluru (dangan ressha) berangkat secara bersamaan dari stasiun Tokyo dan Shin-Osaka, menandai peresmian Shinkansen Seri 0.  Diluncurkan sembilan hari sebelum upacara pembukaan Olimpiade Tokyo, kereta ini mencapai kecepatan hingga 210 Kilometer per Jam, memungkinkan untuk pergi dari ibu kota ke Osaka dalam waktu sekitar empat jam, hampir tiga jam lebih pendek daripada kereta ekspres terbatas konvensional.

Saat ini, perjalanan itu bisa dilakukan dalam dua setengah jam dengan kereta peluru Nozomi dengan kecepatan tertinggi mendekati 320 Kilometer per Jam. 

10. Jam Kuarsa

Kisah kristal kuarsa sebagai alat penunjuk waktu dimulai pada tahun 1880.  Jam kuarsa pertama dibuat oleh Bell Laboratories 47 tahun kemudian, terbukti jauh lebih akurat daripada jam mekanisnya.  Tantangan besar berikutnya adalah memasukkan semua komponen jam menjadi sebuah jam tangan.  Tidak mudah.  Seikosha menjadi perusahaan pertama yang mencapainya dengan merilis Seiko Quartz Astron pada Hari Natal 1969.

Itulah tadi beberapa teknologi Jepang yang sangat populer dan hingga sekarang ini sudah tersebar di seluruh penjuru dunia. Bahkan tanpa disadari ternyata banyak sekali peralatan yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari menggunakan teknologi dari Jepang lho. Luar biasa bukan?

Author: ryan

Penikmat secangkir kopi, sangat gemar membaca, nonton dan berselancar di dunia maya. Sedikit juga bisa Menulis, bahkan beberapa bulan ini sedang asyik meningkatkan kemampuan menulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GelarTikar.com