GelarTikar Pengetahuan Mengenal Hari Bumi, Mulai dari Sejarah hingga Maknanya

Mengenal Hari Bumi, Mulai dari Sejarah hingga Maknanya

Hari Bumi Sedunia / International Earth Day

Bagi pegiat lingkungan, tentu tidak asing lagi dengan istilah Hari Bumi / Earth Day. Dimana, setiap tanggal 22 April, diperingati acara tahunan untuk mengapresiasi lingkungan di seluruh bumi. Acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat umum terhadap bahaya polusi.

Awalnya, Hari Bumi sedunia berasal dari gerakan akar rumput, selanjutnya memeroleh dukungan berbagai pihak sehingga terbentuk lah Bandan Perlindungan Lingkungan atau EPA. Badan ini lah yang memiliki kontribusi besar dalam pengesahan Undang-Undang Peningkatan Kualitas Air, Undang-Undang Udara Bersih, Undang-Undang Spesies Terancam Punah, serta beragam jenis undang-undang terkait lingkungan yang lain.

Sejarah Hari Bumi

Sejarah Hari Bumi Internasional
Gaylord Nelson, founfer of Earth Day (image source : americanforests.org)

Peringatan Hari Bumi berawal dari gagasan oleh salah seorang pengajar lingkungan di Amerika Serikat yang bernama Gaylord Nelson di tahun 1970. Nelson melihat adanya kerusakan lingkungan yang diakibatkan karena tumpahan minyak di Santa Barbara California.

Lalu, Nelson pun mulai tergerak hatinya dan mengorganisir pengajaran nasional hanya untuk fokus pada pendidikan terkait lingkungan. Ia juga merekrut seorang lulusan dari Stanford University bernama Denis Hayes menjadi koordinator nasional. Selain itu, ia juga menunjuk Pete McCloskey jadi wakil ketuanya.

Kemudian, staf Nelson pun bertambah hingga 85 orang dan berhasil mengerahkan sekitar 20 juta masyarakat Amerika untuk melakukan protes di tanggal 20 April 1970. Banyak kelompok yang akhirnya bergabung karena menganggap punya nilai yang sama.

Kelompok-kelompok ini kemudian berjuang untuk melawan pembuangan limbah mentah, pabrik pencemar, pembangkit listrik, tumpahan minyak, hilangnya hutan, pembuangan racun, jalan raya, serta pestisida. Mereka merasa prihatin atas rusaknya lingkungan serta pembuangan limbah yang dilakukan secara sembarangan.

Karena perjuangan dari Nelson, maka ia mendapatkan Medali kebebasan presiden oleh Presiden Amerika Serikat Bill Clinton di tahun 1995. Dimana medali ini merupakan kehormatan paling tinggi untuk warga sipil yang ada di Amerika Serikat.

Makna Hari Bumi

Makna Hari Bumi
“save the earth” (image source : sozcu.com.tr)

Hari Bumi tanggal 22 April, tidak hanya sebagai peringatan dan perayaan setiap tahun belaka. Namun, harus mampu mengingatkan banyak orang untuk lebih memahami nilai kemanusiaan. Sekaligus sadar dengan berbagai macam ancaman di bumi sehingga lebih peduli isu-isu lingkungan.

Makna Hari Bumi adalah supaya lebih banyak individu yang saling bekerja sama agar dapat mengubah kebijakan tentang lingkungan. Sehingga, ada perubahan yang signifikan di masa mendatang.

Di tanggal 22 April 2021 ini, pada dasarnya, kita memang masih ada di situasi pandemi virus Corona. Namun, bukan berarti kita tidak bisa bergerak untuk menjaga lingkungan.

Adapun beberapa hal yang bisa dilakukan di Hari Bumi pada masa pandemi ini meliputi

Mengurangi Pemakaian Plastik

Hari Bumi, Kurangi pemakaian plastik
Kurangi pemakaian plastik (image source : shutterstock.com)

Seperti yang sudah banyak orang tahu, plastik merupakan bahan yang mempunyai susunan kimia yang sulit sekali untuk terurai. Dalam waktu yang lama, plastik tetap bertahan di posisi yang sama. Plastik juga menjadi salah satu penyebab musnahnya biota laut serta penyebab pencemaran lingkungan yang paling besar.

Untuk itu, sebaiknya kita mulai menghindari penggunaan plastik ketika beraktivitas. Dimulai dengan hal sederhana seperti membawa kantong belanja sendiri di supermarket.

Mulai Menanam Pohon

Hari Bumi, mari mulai menanam pohon
Mari mulai menanam pohon (image source : shutterstock.com)

Hari Bumi juga harus mampu menyadarkan kita akan pentingnya pepohonan. Tanaman dan pohon akan menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen ketika siang hari. Pohon mempunyai peran yang sangat besar untuk memerangi perubahan iklim di dunia.

Sehingga, bantu bumi ini untuk tetap memiliki persediaan oksigen dengan menanam satu pohon saja untuk satu orang. Jika semua orang melakukan hal serupa, maka berapa jumlah pohon yang akan bertambah lima atau sepuluh tahun lagi?

Batasi Penggunaan Listrik

Mengurangi penggunaan listrik
Kurangi penggunaan listrik (image source : shutterstock.com)

Listrik memang jadi salah satu kebutuhan utama saat ini. Namun, menghemat penggunaan listrik akan membantu anak cucu kita untuk memiliki lingkungan terbaik di masa depan. Langkah kecil seperti mematikan lampu yang tidak terpakai akan membuat produksi gas beracun yang mencemari alam bisa berkurang.

Hemat Air

Hemar AirSource: shutterstock
Jangan berlebihan menggunakan air (image source : shutterstock.com)

Agar kelestarian alam tetap terjaga, sebaiknya kita mulai menghemat pemakaian air. Pasalnya, air yang digunakan berlebihan akan mengurangi cadangan air bersih. Terlebih, penggunaan air berlebih akan memunculkan masalah lain berupa air kotor bekas pakai yang masuk ke laut dan dapat membahayakan kehidupan hewan laut. Sesederhana tidak membuka keran ketika bak mandi penuh ternyata bisa menyelamatkan jutaan kehidupan manusia dan biota laut.

Itu lah sekilas tentang sejarah Hari Bumi dan maknanya. Pada dasarnya, alam dan seluruh kekayaan di dalamnya diperuntukkan bagi manusia, tetapi, banyak manusia yang rakus sehingga meng-eksplor-nya berlebihan. Tanpa mempertimbangkan bahayanya untuk masyarakat sekitar, lingkungan, dan makhluk hidup lain di bumi.

Untuk itu, makna memperingati Hari Bumi yang paling penting adalah kita harus selalu mengawasi kebijakan terkait lingkungan supaya tidak merugikan banyak pihak. Selain itu, Hari Bumi juga harus mampu menyadarkan kita untuk melakukan upaya terbaik dalam menjaga alam ini. Karena, bumi ini adalah milik saya, kamu, dan kita semua.  

Author: Anna

Saya Anna, sangat gemar menulis. Karena melalui tulisanlah, Saya bisa berbagi pengetahuan dan wawasan kepada para pembaca ... :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GelarTikar.com