GelarTikar Pendidikan Kumpulan Ucapan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)

Kumpulan Ucapan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)

Ucapan Selamat Hari Pendidikan Nasional / Hardiknas
Selamat Hari Pendidikan Nasional / Hardiknas (image source : surabaya.go.id)

Tentu kamu sudah hafal kalau Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diperingati setiap tanggal 2 Mei. Selain melakukan berbagai hal yang bisa memajukan pendidikan, kamu juga perlu mempersiapkan ucapan Hari Pendidikan Nasional.

Dengan begitu, secara tidak langsung kamu sudah menghargai jasa para pahlawan pendidikan. Sehingga, saat ini kamu bisa mendapatkan ilmu yang berharga untuk kehidupan.

Seperti yang kamu tahu, semua tokoh penting seperti Presiden Joko Widodo, para menteri, hingga jajaran pejabat selalu memberikan ucapan Hari Pendidikan Nasional. Tujuannya, supaya tenaga pendidik, hingga para pelajar semakin termotivasi untuk memajukan bangsa melalui pendidikan.

Nah, jika kamu membutuhkan beberapa inspirasi untuk mengucapkan selamat hari Pendidikan Nasional atau biasa disingkat Hardiknas ini, silakan simak beberapa referensi berikut ini!

Ucapan Hari Pendidikan Nasional dari Kutipan Tokoh Penting

1. Kutipan dari Ki Hadjar Dewantara

Ucapan Hari Pendidikan Nasional, Ki Hadjar Dewantara
Ki Hadjar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional (image source : ruangbahasainggris.com)

Ucapan Hari Pendidikan Nasional bisa kamu kutip dari filosofi-filosofi Ki Hadjar Dewantara sebagai Bapak Pendidikan Nasional. Berikut beberapa yang bisa kamu kutip :

  • Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2021. Sebagaimana semboyan yang dapat kita gunakan dalam memajukan pendidikan oleh Ki Hadjar Dewantara, “Pendidikan dan pengajaran di dalam Republik Indonesia harus berdasarkan kebudayaan dan kemasyarakatan bangsa Indonesia, menuju ke arah kebahagiaan batin serta keselamatan hidup lahir.”
  • Di Hari Pendidikan Nasional ini, semoga, dari kita semua bisa menjadikan setiap tempat sebagai sekolah dan setiap orang adalah guru. Itu lah sejatinya, makna dari pendidikan dari lahir sampai mati.
  • Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidikan hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu. Yang dapat kita lakukan adalah memberikan yang terbaik untuk pendidikan anak-anak kita. Harapannya, supaya mereka berhasil menjadi seseorang yang berguna untuk nusa dan bangsa. Selamat Hari Pendidikan Nasional 2021.

2. Kutipan dari Mahfud MD dan Anies Baswedan

Ucapan Anies Baswedan & Mahfud MD
Anies Baswedan & Mahfud MD (image source : liputan6.com)

Banyak juga tokoh di negeri ini yang terus mengkritik pendidikan Indonesia. Kamu juga bisa mengambil kutipan dari Mahfud MD dan Anies Baswedan untuk membuat ucapan Hari Pendidikan Nasional.

  • Pendidikan bukan hanya untuk mendapatkan gelar, tetapi juga untuk membentuk moral. Selamat hari Pendidikan Nasional Indonesia 2 Mei 2021.
  • Kurikulum berubah, tidak otomatis kualitas pendidikan meningkat. Namun, jika kualitas guru meningkat, kualitas pendidikan pasti meningkat, itu kuncinya. Selamat Hardiknas, semoga guru-guru di Indonesia semakin maju agar bisa membentuk generasi yang lebih hebat lagi.

3. Kutipan dari Pramoedya Ananta Toer

Ucapan Hardiknas Pramoedya Ananta Toer
Pramoedya Ananta Noer, Sastrawan & Kritikus yang Menginspirasi (image source : iphincow.com)

Ucapan Hari Pendidikan Nasional selanjutnya bisa kamu kutip dari Pramoedya Ananta Toer. Kritiknya memang sangat tajam. Namun, bisa jadi cermin untuk kita, pemangku kebijakan, dan seluruh guru yang ada di Indonesia.

  • Jangan Tuan terlalu percaya pada pendidikan sekolah. Seorang guru yang baik masih bisa melahirkan bandit-bandit yang sejahat-jahatnya, yang sama sekali tidak mengenal prinsip. Apalagi kalau guru itu sudah bandit pula pada dasarnya. Selamat Hari Pendidikan Nasional.

4. Ucapan Hardiknas dari Kutipan Najwa Shihab

Ucapan Najwa Shihab
Najwa Shihab, Jurnalis yang sangat “kritis” (image source : hops.id)

Najwa Shihab memang salah satu jurnalis yang sangat kritis terhadap semua lini kehidupan di Indonesia, termasuk di bidang pendidikan. Silakan intip beberapa ucapannya yang sangat mengena ini. Bisa juga dijadikan sebagai ucapan Hari Pendidikan Nasional, lho!

  • Selamat hari pendidikan nasional 2 Mei 2021. Tetap semangat para guru dalam mencerdaskan anak bangsa. Sebab, kebanggaan profesi bukan karena materi, tapi seberapa banyak bisa mengabdi.
  • Tugas guru bukan menjejalkan pelajaran, guru harus menghidupkan pengetahuan. Selamat hari pendidikan, untuk semua yang berjuang di jalan sulit ini!
  • Belajar tentu keharusan yang tak boleh diabaikan, namun merugi lah jika belajar disempitkan semata perkuliahan. Mari rayakan hari pendidikan dengan pembelajaran yang memerdekakan!

Ucapan Hari Pendidikan Nasional Lainnya

Selain dari tokoh-tokoh penting, kamu juga bisa menyontek beberapa ucapan Hari Pendidikan Nasional berikut ini!

  • Jangan berhenti belajar, karena itulah hiasan untuk setiap kemakmuran, tunjangan di masa tua, serta perlindungan pada masa-masa sulit. Belajar bisa dari apa saja, termasuk masa lalu untuk mendefinisikan masa depan yang cerah. Selamat Hari Pendidikan Nasional.
  • Sudah seharusnya pendidikan tidak hanya bisa memberi pengetahuan. Namun, harus bisa mengasah moral peserta didik agar bisa menghasilkan karya yang bermanfaat untuk masyarakat. Selamat berjuang untuk pendidikan Indonesia yang lebih maju!
  • Selamat Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2021. Dukung serta teruskan harapan supaya pendidikan setiap anak Indonesia bisa merata hingga ke pelosok. Wujudkan pendidikan terbaik untuk anak bangsa!
  • Pendidikan selalu berjalan dua arah. Kita sebagai pendidik sebaiknya mau berdiri sebagai orang yang belajar. Sebab, para siswa juga kerap berdiri mengajarkan berbagai ilmu kehidupan pada kita. Selamat Hardiknas 2021!
  • Alam adalah saran pendidikan yang sangat besar. Bukan hanya untuk berpetualang saja. Untuk itu, terus belajar dimana pun dan kapan pun. Selamat hardiknas 2021!

Itulah beberapa ucapan hari pendidikan nasional 2021 yang bisa menginspirasi. Sekaligus mengkritik sistem pendidikan yang ada di Indonesia. Semoga bermanfaat!

Author: Anna

Saya Anna, sangat gemar menulis. Karena melalui tulisanlah, Saya bisa berbagi pengetahuan dan wawasan kepada para pembaca ... :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GelarTikar.com