GelarTikar Kuliner Makanan Khas Semarang yang Enak dan Bikin Kangen

Makanan Khas Semarang yang Enak dan Bikin Kangen

Aneka Makanan Khas Semarang
Aneka makanan khas kota Semarang

Kota yang punya julukan Venetie van Java alias Venesia di Pulau Jawa ini memang bisa menjadi tujuan wisata yang patut disambangi. Bukan hanya itu saja, bahkan, makanan khas Semarang juga memiliki cita rasa yang membuat saliva terbit seketika. Ini lah yang kadang-kadang membuat Semarang begitu dirindukan.

Makanan khas yang tentunya enak di Semarang memang tidak perlu lagi ditanyakan lagi. Bahkan, di tahun 2015 lalu, Semarang jadi destinasi wisata kuliner unggulan lho! Tidak tanggung-tanggung, yang memberikan penobatan ini adalah Kementerian Pariwisata Indonesia.

Di kota penuh sejarah ini, kulinernya juga cukup legendaris. Beberapa diantaranya sudah ada semenjak 1940-an. Wah, jadi penasaran dengan ragamnya kan? Untuk itu, keep scrolling!

Olahan Burung Belibis yang Anti-Mainstream

olahan makanan burung belibis
Olahan burung belibis ala mangkang, Semarang (image source : 2lensa.wordpress.com)

Kalau olahan ayam, sapi, atau kambing mungkin sudah biasa Anda nikmati di berbagai tempat. Tapi, kalau burung belibis, sepertinya hanya bisa Anda rasakan di Semarang saja, deh! Makanan khas Semarang ini memiliki tekstur yang cukup serupa dengan ayam.

Akan tetapi, lebih empuk dikarenakan proses memasaknya memakai api yang kecil. Serta diolah dalam jangka waktu yang cukup lama. Nah, kuliner menggoda selera ini bisa Anda dapatkan di Warung Pak No. Lokasinya ada di Jalan Sawojajar I no. 44 Semarang. Harganya super affordable karena bisa Anda nikmati mulai Rp 25.000,- saja.

Olahan Babat : Babat Gongso dan Nasi Goreng Babat yang Maknyus

babat gongso semarang
Lezatnya babat gongso yang menggugah selera (image source : shutterstock.com)

Kalau sedang jalan-jalan ke Semarang, mampir sebentar ke Warung Pak Sukarmin, ya! Soalnya, di tempat ini, Anda bisa merasakan lezatnya olahan babat. Diketahui bahwa warung ini sudah ada sejak tahun 1971.

Meskipun bentuk warungnya cukup sederhana, tapi selalu laris diserbu pengunjung. Tenang saja, kalau Anda tidak terbiasa dengan olahan jeroan sapi, babat di warung ini sama sekali tidak berbau. Sebab, menggunakan bumbu rahasia dan diolah dengan teknik khusus sehingga membuat babat jadi lebih empuk.

Kalau penasaran dengan rasa makanan khas Semarang yang satu ini, sila datang ke Jalan Pemuda, Semarang (dekar Jembatan Berok). Atau bisa juga ke cabangnya di Jalan Gadjah Mada dan Telaga Mas. Soal harga, tidak perlu menyiapkan terlalu banyak biaya, sebab, olahan babat di Warung Pak Sukarmin start from Rp 20.000,- saja.

Jangan Lupakan Lumpia untuk Dikonsumsi dan Jadi Oleh-Oleh

lumpia, oleh-oleh khas semarang
Lumpia, cemilan khas kota Semarang yang enak dan lezat (image source : shutterstock.com)

Jangan bilang pernah ke Semarang kalau belum mencicipi camilan satu ini. Ya, lumpia seakan-akan jadi ikon tersendiri bagi Kota Semarang. Lumpia merupakan salah satu makanan khas Kota Semarang yang terbuat dari tepung. Kemudian dibentuk jadi lembaran, lalu digulung dan diberi ragam isian.

Namun, umumnya, isian lumpia adalah udang, daging, serta rebung. Paling cocok disajikan dengan saus manis. Anda bisa menyantapnya langsung atau jadi lauk nasi hangat. Dijamin mantul!

Camilan ini bisa Anda temukan di sepanjang Jalan Semarang. Harganya sangat beragam, tetapi biasanya dipatok Rp 7.000,- setiap porsi.

Bandeng Presto yang Empuk dan Gurih

bandeng presto tulang lunak
Bandeng presto tulang lunak khas kota Semarang (image source: shutterstock.com)

Sesuai dengan namanya, bandeng presto merupakan ikan bandeng yang cara pengolahannya dengan teknik presto. Atau, bisa dibilang menggunakan uap air panas dengan tekanan tinggi sehingga daging hingga tulangnya benar-benar lunak. Bahkan, durinya bisa Anda makan.

Bandeng presto juga ditambahkan dengan beragam bumbu seperti bawang putih, kunyit, dan garam agar cita rasanya semakin mantap. Biasanya, bandeng presto dijual dalam bentuk bahan setengah jadi atau harus diolah lagi sebelum dikonsumsi. Nah, pengolahannya sendiri bisa dengan digoreng atau dipepes.

Harga makanan khas Semarang ini dibanderol sekitar Rp 40.000,- per box dengan isi 5 ikan bandeng. Murah, kan? Bisa dijadikan sebagai oleh-oleh juga.

Soto Semarang yang Menyegarkan di Tengah Teriknya Siang

soto kudus semarang
Soto Kudus Semarang yang lezatnya bikin nagih (image source : shutterstock.com)

Jika Anda bertanya makanan enak di Semarang saat siang hari, maka jawabannya adalah Soto Semarang. Kuliner ini mempunyai kuah kaldu yang bening kekuningan. Ditambah dengan campuran santan, maka rasanya jadi semakin gurih.

Soto Semarang disajikan dengan nasi, mie beras, dan juga irisan ayam. Kemudian disiram dengan kuah yang begitu menyegarkan. Di atasnya, masih ditambah topping berupa kerupuk kerak nasi. Tentu jadi sajian sempurna di tengah teriknya Kota Semarang. Kalau masih kurang, bisa ditambah lagi dengan sate ati, sate telur puyuh, ataupun sate kerang.

Hanya dengan mengeluarkan kocek sebesar Rp 10.000,-, Anda sudah bisa menikmati satu porsi soto yang lezat ini.

Manisnya Wingko Babat yang Membuat Rindu Semarang

wingko babat oleh-oleh khas kota semarang
Wingko babat, oleh-oleh khas Semarang (image source : shutterstock.com)

Salah satu makanan khas Semarang yang membuat siapa pun selalu rindu pada kota ini adalah wingko babat. Bahan-bahan pembuatannya berupa kelapa muda, tepung beras ketan, serta gula.

Bentuk wingko babat adalah bulat pipih. Kalau Anda jalan-jalan ke Semarang, borong lah wingko babat. Sebab, rasanya benar-benar tidak bisa move on. Makan sedikit, maka cukup? Wingko babat Semarang juga saat ini ada berbagai macam varian rasa. Harganya murah banget, yakni mulai dari Rp 3.000,- saja.

Mana makanan khas Semarang yang paling bikin kangen? Sebetulnya, masih banyak lagi jenis makanan yang lezat. Namun, giliran Anda yang meng-explore-nya sendiri dengan datang langsung ke kota penuh kenangan ini!

Author: Anna

Saya Anna, sangat gemar menulis. Karena melalui tulisanlah, Saya bisa berbagi pengetahuan dan wawasan kepada para pembaca ... :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GelarTikar.com