GelarTikar Kuliner Makanan Khas Maluku yang Enak dan Bikin Ketagihan

Makanan Khas Maluku yang Enak dan Bikin Ketagihan

Makanan Khas Maluku

Kekayaan kuliner Indonesia merupakan salah satu harta milik bangsa yang tidak ternilai harganya. Dari Sabang sampai Merauke, ada saja makanan yang selalu membuat ketagihan. Nah, kali ini, kita akan membahas tentang makanan khas Maluku. Daerah Timur Indonesia memang punya kuliner khasnya tersendiri baik dari segi bahan maupun bumbu.

Maluku sendiri adalah daerah yang terkenal sebagai penghasil sagu. Selain itu, pulau ini juga jadi penghasil rempah-rempah terbaik sejak zaman dahulu. Dua komoditas paling menonjol dari Pulau Maluku adalah cengkeh dan pala. Dari bagian maritim, Maluku juga memiliki kekayaan hasil laut yang sangat melimpah ruah.

Semua hasil alamnya berpengaruh juga pada makanan khas Maluku yang tidak jauh-jauh dari bahan tersebut. Lantas, apa saja kah jenisnya? Mari ulik bersama di bawah ini!

Gohu Ikan, Sashimi-nya Orang Maluku

Makanan khas Maluku, Gohu Ikan
Gohu Ikan (image source : primarasa.co.id)

Kalau Jepang punya Sashimi, maka Maluku juga punya makanan khas yang serupa. Namanya adalah Gohu ikan. Bahannya berupa daging ikan mentah dari jenis tuna atau cakalang. Proses pembuatannya juga sederhana, yakni dengan memotong ikan laiknya dadu. Lalu, dicuci dan dilumuri dengan garam serta perasan jeruk lemon.

Setelah itu, baru ditambahkan kemangi dan tumisan cabai rawit, serta bawang merah yang dirajang. Bagi yang tidak terbiasa mungkin rasanya sedikit aneh. Namun, penggemar makanan Jepang tentu akan menyukainya.

Woku Komo-Komo yang Lezat

Makanan khas Maluku lezat, Woku Komo-komo
Woku komo-komo (image source : genpi.co.id)

Makanan khas Maluku yang selanjutnya adalah Woku Komo-Komo. Bahan yang digunakan untuk mengolah makanan ini adalah teras batang rumbia dan sagu. Waku Komo-Komo merupakan salah satu jenis lauk untuk makanan pokok dari Maluku.

Bumbu yang dipakai untuk membuat Woku Komo-Komo adalah serai, jahe, merica, garam, bawang merah serta bawang putih. Sedangkan bahan pelengkapnya berupa jeroan ikan serta air. Semua bahan akan dimasak hingga matang.

Setelah itu, masakan akan dibungkus menggunakan daun woka. Jika sudah, maka masakan akan dipanggang memakai bara api. Jika daun sudah tampak mengering, berarti, Woku Komo-Komo sudah matang. Nama lain dari sajian ini adalah Sagu Komo-Komo.

Nasi Lapola yang Mengenyangkan

Nasi Lapola Maluku
Nasi Lapola (image source : lifestyle.haluan.co)

Nasi Lapola merupakan salah satu makanan khas Maluku yang dijadikan sebagai makanan pokok. Bahan dasar untuk membuat Nasi Lapola adalah parutan kelapa mudah, kacang tolo, serta beras. Biasanya, makanan ini akan disajikan bersama dengan kohu-kohu ataupun lalapan mentah.

Biasanya, dalam memasak beras, api yang digunakan harus kecil. Jika sudah setengah matang, maka beras akan ditambahkan dengan bawang merah, bawang putih, kelapa parut, jeruk nipis serta cabai merah. Lalu, nasi akan dikukus hingga benar-benar matang.

Ikan Kuah Pala Banda, Makanan Khas Maluku yang Kaya Rempah

Ikan Kuah Pala Banda
Ikan Kuah Pala Banda (image source : lezzat.id)

Bahan dasar untuk membuat Ikan Kuah Pala Banda ini adalah ikan kakap atau kerapu. Diolah dengan bumbu berupa pala, merica, serta rempah lain membuat cita rasa dan aromanya begitu kuat.

Makanan khas Maluku ini sudah ada sejak zaman dahulu yang jadi sajian istimewa bangsawan dan pejabat Belanda. Paling nikmat jika Ikan Kuah Pala Banda disajikan dengan ulang-ulang, nasi, serta sambal bekasang.

Ikan Asar, Ikan Asap Khas Maluku

Ikan Asar Khas Maluku
Ikan Ashar (image source : food.detik.com)

Masih dari bahan berupa ikan-ikanan, ada Ikan Asar yang merupakan makanan yang diproses dengan teknik pengasapan. Jenis ikan yang digunakan adalah tuna atau cakalang. Karena diasapi, maka ikan pun menjadi lebih tahan lama dan dapat dikonsumsi sampai jangka waktu tujuh hari.

Kalau mau menikmati Ikan Asar, maka kamu bisa memadukannya dengan nasi serta sambal colo-colo. Tertarik menjajalnya?

Papeda, Makanan Khas Maluku yang Tersohor

Makanan Khas Maluku Populer, Papeda
Papeda (image source : beritapapua.id)

Kalau Papeda, sih, sepertinya semua orang Indonesia sudah cukup familiar, ya! Sebab, sekarang, menu ini juga bisa ditemukan di daerah lain. Nah, Papeda sendiri merupakan makanan yang terbuat dari tepung sagu. Kemudian, tepung sagu akan dimasak seperti bubur. Tekstur dari Papeda adalah lengket dan kental. Warnanya sendiri putih dengan rasa yang tawar.

Jika dilihat sekilas, maka bentuknya seperti lem kertas. Biasanya, Papeda akan dinikmati berdampingan dengan tongkol bumbu kunyit. Untuk menikmati Papeda, caranya cukup unik yakni dengan menyeruput langsung dari piring. Unik sekali, ya!

Kasbi Komplet dari Ubi-Ubian dan Aneka Lauk

Kasbi Komplet
Kasbi Komplet (image source : seringjalan.com)

Kasbi Komplet merupakan makanan khas Maluku yang terbuat dari singkong atau kasbi. Rasanya tawar laiknya Papeda. Pun, biasa disajikan dengan lauk pelengkap yang lain. Menu pendampingnya berupa bunga pepaya, tumis kangkung, sayur jantung pisang, ikan bakar bumbu rica, serta kohu-kohu ikan puri. Kasbi akan makin nikmati jika dilengkapi dengan colo-colo.

Acar Kuning dengan Kuah yang Asam

Acar Kuning
Acar Kuning (image source : review.bukalapak.com)

Seperti acar dari daerah lain, Acar Kuning juga berbahan dasar wortel, bawang, dan timun. Namun, bedanya, Acar Kuning juga menggunakan bahan berupa rebung. Selain itu, ada juga bahan lain berupa kecipir muda, daun salam, cabai merah, dan nanas.

Semua bahan tersebut ditumis beserta bumbu halus. Apabila sudah matang, maka acar dapat langsung disajikan bersama nasi dan lauk pendamping lainnya.

Kue Bagea sebagai Teman Minum Kopi

Kuliner Khas Maluku, Kue Bagea
Kue Bagea (image source : belanga.id)

Makanan khas Maluku lainnya adalah Kue Bagea. Kue ini memiliki cita rasa yang gurih dengan tekstur renyah. Tampilannya bulat dengan permukaan yang retak. Warna Kue Bagea adalah krem dan terbuat dari sagu.

Bahan tambahan untuk membuat Kue Bagea adalah beragam jenis kacang dan kayu mansi. Bagea yang sangat diminati di Maluku ditambahkan dengan kacang kenari.

Kue Asida dari Percampuran Kuliner Timur Tengah

Kue Asida, Cemilan khas maluku
Kue Asida (image source : radiodms.com)

Camilan dari Maluku yang memiliki cita rasa lezat adalah Kue Asida. Kue ini merupakan percampuran antara makanan khas Maluku dengan kuliner Timur Tengah. Bahan utama untuk membuat Kue Asida adalah tepung terigu, gandum, dan gula merah.

Kue Asida ini mempunyai rasa yang manis dengan tekstur legit. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan Kue Asida semasa Bulan Ramadhan. Sajian ini biasa digunakan untuk menu buka puasa.

Halua Kenari yang Pas untuk Oleh-Oleh

Oleh-Oleh Khas Maluku, Halua Kenari
Halua Kenari (image source : indonesiakaya.com)

Kalau kamu ingin diet dengan makanan yang lezat, maka Halua Kenari bisa diandalkan. Makanan ini berasal dari Maluku Utara dengan campuran antara kacang kenari dengan gula merah. Kenari merupakan kacang yang mengandung protein tinggi dengan sedikit kandungan lemak.

Kamu bisa menjadikan Halua Kenari sebagai oleh-oleh jika bertandang ke Maluku. Makanan ini bisa dengan mudah kamu temukan di toko oleh-oleh seluruh Maluku.

Kohu-Kohu, Kembarannya Urap Sunda

Kohu, Urap ala Maluku
Kohu-kohu (image source : cnnindonesia.com)

Selanjutnya, ada Kohu-Kohu yang tampilannya tidak jauh berbeda dengan urap dari Sunda. Namun, dari segi isian, cukup berbeda. Dimana pada Kohu-Kohu terdiri dari sayur mentah dengan campuran kelapa parut. Beberapa jenis sayuran yang digunakan meliputi kacang panjang, tauge, serta daun kemangi.

Bahan tambahannya adalah irisan bawang merah mentah, kelapa parut, perasan lemon Cina, serta suwiran ikan asap. Perpaduan rasa dari berbagai macam bahan tersebut membuatnya jadi segar, lezat, sekaligus memuaskan lidah.

Sambal Colo-Colo yang Jadi Pelengkap Setiap Menu

Sambal Colo-colo khas Maluku
Sambal Colo-colo (image source : sajiansedap.grid.id)

Sebetulnya, dari tadi, sambal colo-colo sudah sering dibahas menjadi pelengkap berbagai macam menu. Nah, colo-colo ini adalah sambal yang memakai campuran antara bawang merah, tomat, cabai rawit, serta perasan jeruk nipis.

Biasanya, colo-colo juga akan dilengkapi dengan daun kemangi dan kecap asin. Kamu bisa menjadikan sambal colo-colo sebagai pelengkap untuk ikan goreng atau ikan bakar.

Sagu Lempeng yang Teksturnya Keras tapi Nagih

Sagu Lempeng
Sagu Lempeng (image source : genpi.co)

Kalau kamu sedang mencari oleh-oleh dari Maluku, maka Sagu Lempeng dapat dipilih. Camilan ini mempunyai cita rasa yang gurih. Meskipun saat digigit, teksturnya cukup keras, tapi rasanya tetap lezat. Kamu bisa menjadikannya sebagai teman saat menyeruput kopi atau teh.

Bahan untuk membuat Sagu Lempeng adalah tepung sagu. Kemudian, diolah menggunakan cetakan dari tanah liat atau batu yang disebut dengan forna. Setelah dicetak, maka adonan akan dibakar sampai warnanya kecokelatan.

Bubur Sagu Ubi untuk Buka Puasa yang Lezat

Bubur Sagu Ubi
Bubur Sagu Ubi (image source : beautiful-indonesia.umm.ac.id)

Makanan khas Maluku yang selanjutnya adalah bubur sagu ubi. Makanan ini mudah ditemukan saat Bulan Ramadhan dan sangat cocok untuk menu berbuka puasa. Bahan yang digunakan adalah ubi merah, sagu lempengan, serta kenari. Untuk memberikan cita rasa yang legit nan lezat, maka ditambahkan dengan gula pasir, gula merah, serta daun pandan.

Lapis Palaro, Olahan Daging Sapi dengan Rempah yang Kaya

Olaha daging khas Maluku, Lapis Palaro
Lapis Palaro (image source : sajiansedap.grid.id)

Lapis Palaro merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi. Kemudian, dibaluri dengan bumbu rempah. Cara membuatnya adalah dengan mengiris tipis daging sapi, lalu dicampurkan dengan gula pasir, garam, air, serta tepung maizena.

Bumbu tambahannya adalah berupa cengkeh, kencur, jahe, bawang putih, jintan, pala, serta ketumbar. Karena begitu banyaknya bumbu, maka kamu bisa bayangkan sendiri cita rasa dan aromanya yang lezat.

Itulah beberapa makanan khas Maluku yang enak dan bikin ketagihan. Semuanya sangat menarik dan beberapa diantaranya cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Dari sekian banyak menu, mana yang ingin kamu cicipi saat bertandang ke Maluku?

Author: Anna

Saya Anna, sangat gemar menulis. Karena melalui tulisanlah, Saya bisa berbagi pengetahuan dan wawasan kepada para pembaca ... :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GelarTikar.com