GelarTikar Kuliner Makanan Khas Betawi yang Enak, Lezat, dan Legendaris

Makanan Khas Betawi yang Enak, Lezat, dan Legendaris

Makanan Khas Betawi

Makanan khas betawi sampai saat ini masih bertahan meski sudah banyak kuliner asing yang bermunculan. Hal ini dikarenakan cita rasanya yang lezat sekaligus bahannya mudah didapatkan. Nah, Betawi sendiri merupakan salah satu suku bangsa yang cukup terkenal karena ada di ibu kota negara yakni Jakarta.

Dikarenakan suku ini sudah ada sejak lama dan mendapatkan pengaruh kebudayaan lain seperti Jawa, Bali, Melayu, Arab, Jawa, Tionghoa, India, serta Ambon, maka cita rasa makanan khasnya pun sangat bermacam-macam.

Makanan khas Betawi biasanya disajikan saat acara-acara spesial seperti pernikahan, khitan, selamatan, dan sebagainya. Namun, ada juga beberapa jenis makanan yang cukup sulit ditemukan. Terlepas dari hal tersebut, sebagai warga negara yang baik, kamu harus ikut melestarikan makanan tradisional. Sehingga, kekayaan budaya sebagai hasil karya, karsa, dan rasa dari bangsa kita tetap terjaga.

Semua itu, bisa kamu awali dengan mengenal berbagai makanan khas Betawi berikut ini!

Asinan Betawi

Asinan khas Betawi
Asinan betawi (image source : shutterstock.com)

Salah satu makanan khas Betawi yang masih eksis sampai saat ini adalah asinan betawi. Bahan utama pembuatan makanan ini adalah kol, sawi, tauge, selada, tahu putih, serta taburan kacang tanah goreng. Nantinya, semua bahan tersebut akan disiram menggunakan kuah kacang, cabai, serta cuka.

Sebagai toping-nya, kamu masih akan mendapatkan extra kerupuk. Kamu bisa mendapatkan asinan Betawi di kedai pinggir jalan di Jakarta. Harganya juga cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 15 ribu saja.

Kerak Telor

Kerak Telor, makanan khas betawi legendaris
Kerak Telor, Makanan khas Betawi yang legendaris (image source : shutterstock.com)

Kalau kamu penyuka street food, wajib banget mencoba kerak telor. Makanan khas Betawi yang satu ini sangat melegenda karena sudah ada sejak zaman dahulu.

Kerak telor dibuat dari bahan berupa telur bebek, telur ayam, ebi, beras ketan putih, dan bumbu pelengkap. Di bagian atas jajanan ini, akan ditambahkan lagi bawang goreng dan bumbu kelapa sangrai sehingga aromanya semakin semerbak.

Laksa Betawi

Laksa Betawi
Laksa betawi dengan campuran udang rebon (image source : belanga.id)

Laksa adalah salah satu jenis makanan yang berasal dari Melayu. Ada beberapa kemiripan antara Laksa betawi dengan jenis laksa lain yang ada di Indonesia. Salah satunya, antara Laksa Betawi dengan Laksa Bogor, dimana keduanya menggunakan udang rebon sebagai salah satu campurannya. Nah, untuk bahan utamanya sendiri terdiri dari mie yang diberi kuah dengan aroma rempah yang begitu kuat.

Soto Betawi

Soto Betawi, Makanan khas Betawi yang terkenal
Soto Betawi, makanan khas betawi yang populer (image source : shutterstock.com)

Kalau ke Jakarta belum mencicipi Soto Betawi, dijamin kamu akan rugi. Sebab, makanan khas Betawi yang satu ini memang sangat populer bagi masyarakat Indonesia.

Soal cita rasa, tidak perlu diragukan lagi, campuran antara susu dan santan pada kuahnya menjadikan soto semakin lezat. Isiannya sendiri berupa jeroan, torpedo, mata, hingga hati. Memang agak ekstrem, tapi justru menjadikan makanan ini semakin menantang untuk dicicipi.

Tapi, kalau kamu kurang suka dengan bagian-bagian tersebut, soto Betawi juga bisa diganti dengan daging sapi biasa.

Soto Tangkar

Soto Tangkar khas betawi
Soto Tangkar (image source : shutterstock.com)

Masih dari golongan soto-sotoan, di Betawi, ada juga yang dinamakan sebagai soto tangkar. Sesuai dengan bahasa Betawi, tangkar memiliki arti iga sapi. Proses pembuatannya dengan merebus iga lalu dibumbui dengan berbagai rempah yang kaya rasa. Mulai dari lada, kunyit, daun serai, santan kelapa, dan daun salam. By the way, makanan khas Betawi yang satu ini sudah ada sejak masa penjajahan Belanda, lho!

Nasi Ulam Betawi

Nasi ulam khas Betawi
Nasi Ulam Betawi (image source : kompas.com)

Sekarang, beralih ke jenis nasi-nasian. Dimana salah satu yang paling terkenal di Betawi adalah nasi ulam. Makanan ini dipengaruhi oleh jenis kuliner suku Melayu.

Proses pembuatannya adalah dengan memasak nasi bersama dengan daun pegagan dengan bumbu rempah. Namun, karena keberadaan daun pegagan yang cukup langka, maka bisa juga diganti dengan daun kemangi.

Nasi ulam sendiri terdiri atas dua jenis, yakni yang berkuah atau basah dan kering. Nasi ulam basa asalnya dari Jakarta Pusat dan Jakarta Utara. Sedangkan nasi ulam kering mudah kamu temukan di daerah Jakarta Selatan.

Nasi Kebuli

Makanan Khas Betawi, Nasi Kebuli
Nasi Kebuli (image source : shutterstock.com)

Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan makanan khas Betawi yang satu ini! Ya, nasi kebuli menjadi sajian yang kerap ada di meja makan orang dari Timur Tengah. Seperti yang tadi sudah dibahas bahwa Betawi mendapatkan pengaruh kebudayaan dari negara-negara Timur Tengah.

Sejatinya, nasi kebuli ini berasal dari tradisi Yaman. Dimana nasi akan dimasak dengan kaldu daging kambing, minyak samin, serta susu kambing. Untuk penyajiannya sendiri, dilengkapi dengan daging kambing goreng dengan taburan irisan kurma maupun kismis.

Biasanya, nasi kebuli bisa dengan mudah kamu temui di acara khusus seperti hari raya Idul Fitri, Idul Adha, maulid nabi, dan sebagainya.

Nasi Uduk

Makanan Khas Betawi Populer : Nasi Uduk
Nasi Uduk yang populer di seluruh nusantara (image source : shutterstock.com)

Kalau jenis nasi yang satu ini, tentu semua orang Indonesia sudah tahu. Sebab, tak hanya mudah ditemukan di Jakarta saja, tapi kerap juga dijadikan menu sarapan di berbagai daerah Nusantara. Pembuatan nasi uduk adalah dengan mengaru nasi. Lalu, dikukus menggunakan santan.

Saat pengukusan itu, akan ditambahkan dengan jahe, kayu manis, merica, serta serai. Setelah matang, maka nasi uduk akan dihidangkan bersama emping goreng, telur dadar, tahu goreng, abon kering, bawang goreng, tempe, ayam, serta timun. Akan semakin mantap kalau kamu menambahkan sambal kacang di atasnya.

Makanan Khas Betawi Sayur Babanci

Sayur Babanci
Sayur Babanci (image source : kompasiana.com)

Makanan khas Betawi yang selanjutnya adalah sayur babanci yang merupakan campuran antara ketupat dengan kuah santan. Dimana kuah santan ini akan ditambahkan dengan berbagai macam rempah yang begitu kaya. Mulai dri abwnag putih, bawang merah, kemiri, cabai, dan sebagainya.

Sayur babanci dilengkapi juga dengan potongan daging sapi. Agak aneh mendengar nama sayur ini, ya! Namun, memang benar, sayur ini disebut babanci alias banci karena memang tidak jelas arahnya. Ada nama sayur tapi sama sekali tidak ada campuran sayurnya. Meski begitu, kelezatan rasanya sungguh menerbitkan saliva.

Sayur Besan

Sayur Besan khas Betawi
Sayur Besan (image source : idntimes.com)

Saat ini, sayur besan sudah cukup sulit ditemukan. Dinamakan sebagai sayur besan karena hanya bisa ditemukan ketika ada acara pernikahan. Bahan dasar makanan khas Betawi ini adalah terubuk. Nah, tanaman dengan nama latin Saccharum edule hasskarl ini memang sudah langka ditemukan di Jakarta.

Ayam Sampyok

Ayam Sampyok, lauk makanan khas betawi
Ayam Sampyok, makanan khas Betawi yang identik dengan rendang ayam (image source : shutterstock.com)

Perpaduan budaya Betawi, Tionghoa, dan Timur Tengah menghasilkan kuliner bernama Ayam Sampyok. Makanan ini memang kerap diidentikkan dengan rendang ayam. Untuk membuatnya, dibutuhkan dua kali pembumbuan. Cita rasanya gurih dan asin. Sebagaimana masakan Indonesia lainnya, ayam sampyok juga kaya akan rempah-rempah.

Selendang Mayang

Selendang Mayang, jajanan khas betawi
Es Serut Selendang Mayang, jajanan khas Betawi yang menyegarkan (image source : shutterstock.com)

Selendang mayang merupakan makanan manis yang terbuat dari tepung hunkwe dan tepung beras. Jajanan khas Betawi ini biasanya akan disajikan bersama es serut dan santan. Tentu sangat menyegarkan disantap di tengah suasana Kota Jakarta yang panas.

Meski begitu, kamu sudah cukup sulit mendapatkan jajanan ini. Sebab, sudah jarang orang yang membuat dan menjualnya.

Makanan Khas Betawi Putu Mayang

Makanan Khas Betawi Putu Mayang
Putu Mayang, kuliner khas Betawi yang murah meriah (image source : kompas.com)

Berbeda dengan Selendang Mayang, Putu Mayang masih cukup banyak di Betawi, bahkan cukup populer di kalangan masyarakat. Bentuk makanan ini adalah seperti mie bermacam warna. Bahan dasarnya sendiri adalah tepung beras dan tepung kanji.

Untuk penyajiannya sendiri bersama dengan gula jawa cair dan santan kelapa. Jika kamu ingin mencicipinya, sila datang ke pasar tradisional maupun ke festival kuliner Jakarta.

Kue Geplak Betawi

Kue Geplak Betawi
Geplak Betawi (image source : idntimes.com)

Sajian manis dari Betawi ini terbuat dari beras pera yang kemudian digiling. Sehingga, bentuknya menjadi tepung, baru kemudian disangrai. Kemudian, tepung akan dicampur bersama kelapa sangrai serta gula pasir.

Jika campuran sudah bertekstur kental dan padat maka akan dibentuk balok. Kamu bisa mendapatkan kue geplak di toko oleh-oleh sekitar Jakarta.

Es Goyang

Es Goyang, jajanan khas Betawi
Es Goyang (image source : www.minumkopi.com)

Disebut dengan es goyang karena proses pembuatannya dengan cara menggoyang gerobak. Sehingga, adonan es bisa membeku sempurna. Bahan untuk membuat es goyang adalah dari gula pasir, santan, serta tepung hunkwe. Kamu bisa mendapatkan es goyang dengan beragam rasa seperti durian, alpukat, cokelat, dan sebagainya.

Kue Pancong

Kue Pancong
Kue Pancong / kue bandros / kue gandos (image source : tastynesia.com)

Kue pancong mungkin sudah banyak ditemukan selain di Jakarta. Hal ini dikarenakan cita rasanya yang gurih, manis, dan legit sekaligus. Nah, makanan khas Betawi yang satu ini dibuat dari campuran bahan berupa santan kelapa, tepung beras, serta kelapa parut. Nama lain dari kue pancong adalah bandros atau gandos.

Kembang Goyang

Kuliner khas Betawi, Kue Kembang Goyang
Kue Kembang Goyang (image source : shutterstock.com)

Sesuai dengan namanya, kembang goyang memang dibuat dengan cetakan berbentuk kembang, lalu digoyangkan pada minyak yang panas. Jika sudah mengeras, maka adonan akan memisahkan diri dari cetakannya. Unik sekali, kan?

Cita rasa kembang goyang adalah manis dan gurih. Teksturnya sendiri krispi sehingga cocok jadi camilan atau oleh-oleh keluarga di rumah.

Roti Buaya

Roti Buaya
Roti Buaya, kuliner khas Betawi yang legendaris (image source : wartawisata.id)

Roti Buaya juga jadi salah satu makanan khas Betawi yang melegenda. Biasanya, roti buaya akan disajikan ketika ada upacara pernikahan. Berbeda dengan stereotipe “buaya” yang menandakan bahwa seseorang itu mudah bergonta-ganti pasangan, filosofi buaya pada suku Betawi adalah hewan yang hanya kawin satu kali saja selama hidupnya. Sehingga, roti melambangkan sebagai kesetiaan pada pasangan di dalam ikatan pernikahan.

Sengkulun

Cemilan khas Betawi, Sengkulun
Kue Sengkulun (image source : shutterstock.com)

Kalau yang sudah pernah mencoba sengkulun pasti sulit untuk menampik cita rasanya yang begitu lezat. Makanan khas Betawi yang terbuat dari santan, tepung ketan, serta gula merah ini cocok sebagai kudapan di sore hari sebagai teman kopi.

Tekstur kue sengkulun ini lunak, lembut, dan kenyal. Sedangkan di bagian permukaannya cenderung berbintil kasar.

Dodol Betawi

Dodol Betawi
Dodol Betawi (image source : travel.kompas.com)

Dodol memang banyak ditemukan di berbagai daerah. Namun, dodol Betawi agak berbeda. Dimana warnanya hitam kecokelatan dan memiliki variasi rasa yang cukup terbatas. Bahan utama untuk membuat dodol Betawi diantaranya durian, ketan hitam, serta ketan putih.

Kue Cucur

Kue Cucur
Kue Cucur (image source : shutterstock.com)

Kue tradisional dari suku Betawi ini masih sangat mudah ditemukan sehari-hari. Baik di pasar tradisional hingga di toko-toko kue. Secara adat, kue cucur biasa disajikan untuk acara potong rambut bayi, upacara pernikahan, dan sebagainya.

Rasa dari makanan khas Betawi yang satu ini cenderung manis dan teksturnya lembut terutama di bagian tengah. Sedangkan bagian pinggirnya terasa lebih renyah. Bahan dasar kue ini adalah gula merah dan beras. Proses pembuatannya dengan digoreng.

Kue Cente Manis

Kue Cente, cemilan khas Betawi
Cemilan Kue Cente khas Betawi (image source : kompas.com)

Seperti namanya, kue ini memang tampak manis secara tampilan. Begitu juga rasanya. Sebab, kue ini dibuat dari bahan berupa santan hunkwe, gula, santan, serta sagu mutiara. Kemudian, semua bahan akan dibungkus menggunakan plastik. Baru kemudian akan dikukus sampai matang.

Itulah daftar makanan khas Betawi yang enak, lezat, dan melegenda. Mana yang paling ingin kamu coba saat berkunjung ke Jakarta?

Author: Anna

Saya Anna, sangat gemar menulis. Karena melalui tulisanlah, Saya bisa berbagi pengetahuan dan wawasan kepada para pembaca ... :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GelarTikar.com