GelarTikar Keuangan Uang 75 Ribu Baru, Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Uang 75 Ribu Baru, Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Uang 75 Ribu, tips cara mendapatkan uang 75000
Uang baru 75000, memperingati Ultah Kemerdekaan NKRI yang ke-75 (image source : sepdum.com)

Uang 75 ribu baru memang sudah terbit sejak tanggal 17 Agustus tahun 2020 lalu. Namun, belum banyak orang yang tahu bagaimana cara mendapatkannya. Sebab, uang baru ini memang dicetak dalam jumlah yang terbatas yakni 75 juta lembar.

Meski begitu, uang 75 ribu rupiah ini tidak hanya bisa dijadikan koleksi saja. Melainkan, bisa dijadikan sebagai alat pembayaran. Gambar uang 75 ribu rupiah yang menarik dan memiliki filosofi mendalam tentu sangat layak untuk kamu dapatkan.

Nah, jika kamu adalah salah satu yang ingin memiliki uang 75000, silakan simak beberapa caranya di bawah ini!

Cara Memesan

Pemesanan uang dapat dilakukan dengan cara kolektif. Cara mendapatkannya bisa kamu simak di bawah ini :

  1. Sekelompok masyarakat menunjuk seseorang atau pihak tertentu sebagai wakil untuk menukarkan uang pecahan kertas (UPK) 75 tahun kemerdekaan RI.
  2. Kemudian, pihak tersebut harus mengirim surat permohonan serta daftar pemesan kolektif ke email Kantor Bank Indonesia. Surat permohonan tersebut dikirim dalam bentuk dokumen MS. Excel.
  3. Untuk format surat serta daftar email yang akan dituju bisa kamu unduh di tautan aplikasi www.pintar.bi.go.id.
  4. Nantinya, pihak tersebut akan mendapatkan notifikasi email jika surat permohonan serta daftar pemesan secara kolektif telah diterima. Kemudian, permohonan tersebut akan diproses oleh Bank Indonesia.
  5. Selanjutnya, pihak yang telah ditunjuk akan mendapatkan konfirmasi kapan waktu untuk menukarkan uang yang baru.

Di hari yang tertera pada jadwal, maka pihak yang sudah menerima konfirmasi, bisa melakukan penukaran.

Proses Penukaran

  1. Orang yang sudah ditunjuk bisa datang langsung ke kantor sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan pada bukti pemesanan.
  2. Pastikan orang tersebut membawa beberapa kelengkapan dokumen, meliputi :
    • Fotokopi KTP dari nama orang yang ada pada daftar pemesan;
    • KTP asli dari pihak yang telah ditunjuk;
    • Surat permohonan yang asli serta sudah ditandatangani;
    • Bukti pemesanan yang sudah diterima pada email;
    • Daftar pemesanan secara kolektif yang tentunya sudah ditandatangani semua peserta.
  3. Uang tunai yang sama dengan jumlah uang 75000 yang ingin ditukarkan.
  4. Pastikan untuk menukarkan uang 75 ribu baru sesuai dengan protokol kesehatan.

Periode Pemesanan

Cara mendapatkan uang 75 ribu rupiah terbagi dua periode. Untuk periode yang pertama, pemesanan bisa dilakukan di tanggal 17 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB hingga 3 September 2020.

Sedangkan periode kedua, dilakukan sejak tanggal 1 Oktober 2020. Penukaran bisa kamu lakukan di Bank Indonesia atau beberapa bank lain yang sudah ditunjuk oleh pemerintah. Bank tersebut meliputi BNI, BCA, CIMB Niaga, serta Mandiri.

Belum Mendapatkan Uang 75 Ribu? Tidak Usah Membeli!

Dikarenakan animo masyarakat terhadap uang 75000 baru ini sangat tinggi. Namun, periode waktunya yang terbatas, maka momen ini dimanfaatkan banyak oknum untuk menjualnya dalam harga yang cenderung tinggi.

Bahkan, di beberapa platform e-commerce seperti Shopee atau Tokopedia, uang 75 ribu dijual dengan harga sampai jutaan ribu rupiah. Untuk kamu yang ingin mendapatkannya, bersabar saja. Sebaiknya, jangan buru-buru membelinya.

Sebab, stok uang baru masih cukup banyak. Pihak Bank Indonesia memastikan bahwa uang akan tersebar merata ke semua wilayah Indonesia. Dari 75 juta lembar, baru 12.500 lembar saja yang sudah beredar. Jadi, hanya sekitar 0.16 persen saja.

Masih ada 74,98 juta lembar yang belum diedarkan oleh Bank Indonesia. Untuk itu, dari pada membeli di marketplace, lebih baik ikuti prosedur cara mendapatkan uang 75 ribu di atas.

Author: Anna

Saya Anna, sangat gemar menulis. Karena melalui tulisanlah, Saya bisa berbagi pengetahuan dan wawasan kepada para pembaca ... :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GelarTikar.com