GelarTikar Bisnis Peluang Usaha di Desa / Kampung yang Menguntungkan & Menjanjikan

Peluang Usaha di Desa / Kampung yang Menguntungkan & Menjanjikan

peluang usaha di desa

Jangan underestimate keberadaan masyarakat pedesaan. Pasalnya, kontribusinya dalam menopang ekonomi nasional sangat besar. Meskipun pada dasarnya masyarakat desa cenderung bermata pencaharian sebagai petani, tetapi, ada juga berbagai peluang usaha di desa yang menguntungkan dan layak digeluti.

Perekonomian di desa yang bergerak dengan pesat tentu akan berpengaruh pada laju ekonomi nasional. Nah, bagi kamu yang tinggal di pedesaan, jangan menganggap peluang usaha ini sulit dijalankan. Sebab, saat ini, tak ada perbedaan yang signifikan antara desa dan kota karena tergerusnya ruang dan waktu akibat teknologi komunikasi dan transportasi.

Menjalankan usaha di desa, tentu kamu harus kreatif dan pandai memanfaatkan peluang. Maka dari itu, langkah pertamanya adalah melakukan riset ide usaha yang menguntungkan di desa.

Nah, kali ini, akan dibagikan tentang beberapa ide peluang usaha di desa yang bisa kamu jalankan sebagai inspirasi. Langsung saja, ini dia ulasannya!

Jastip Alias Jasa Titip

Usaha potensial di desa yang pertama adalah jasa titip atau kerap disingkat jastip. Sistem bisnis yang satu ini yakni membelikan barang sesuai permintaan dari konsumen. Setelah barang datang, baru orang tersebut akan membayar seharga barang tersebut beserta biaya jasa titipnya.

Nah, seperti yang kamu tahu, tidak semua barang bisa didapatkan di desa. Namun, membeli satu barang saja rasanya enggan kalau harus melakukan perjalanan jauh. Kendala ini bisa kamu manfaatkan dengan membuka jasa titip.

Cara melakukan bisnis ini adalah dengan memanfaatkan aplikasi WhatsApp, Facebook, hingga Instagram. Kamu juga bisa mengumpulkan konsumen pada satu grup yang memudahkan kamu untuk melakukan komunikasi. Sehingga, barang yang dititipkan akan sesuai dengan keinginan konsumen.

Usaha Mebel

Jika kamu memiliki kemampuan untuk membuat barang-barang perabotan rumah tangga, maka masuk lah ke ranah usaha mebel. Modal yang dibutuhkan memang cukup besar, yakni berupa peralatan, bahan baku, dan pekerja tambahan. Akan tetapi, kerajinan yang satu ini cukup menguntungkan karena memiliki peluang pasar yang sangat besar. Mulai dari kota lain hingga bisa diekspor ke negara lain.

Teknologi digital akan memudahkan kamu melakukan riset pasar serta melakukan komunikasi dengan konsumen maupun partner. Dengan begitu, bukan tidak mungkin kamu akan jadi pebisnis mebel yang sukses.

Sub Agen LPG

Menjadi sub agen gas LPG juga bisa jadi usaha yang cocok di desa. Nah, sub agen sendiri merupakan pihak yang sudah mendapatkan izin menjadi penyalur gas LPG pada masyarakat umum maupun pengecer.

Pastikan gas LPG yang kamu jual adalah gas melon atau yang berukuran 3 kg. Pasalnya, kebanyakan masyarakat desa menggunakan jenis gas tersebut. Namun, untuk menjadi sub agen, maka kamu harus mengajukan permohonan izin.

Untuk mengetahui apa saja syarat yang dibutuhkan, kamu bisa menghubungi pertamina yang terdekat. Atau, cari tahu di website resmi distributor LPG terdekat.

Home Stay dan Penginapan

Saat ini, banyak area pedesaan yang dijadikan sebagai desa wisata. Jika salah satunya ada di desamu, maka, ini adalah kesempatan yang bagus untuk mendulang rupiah. Caranya, dengan membuka penginapan atau homestay.

Meskipun tidak harus senyaman di hotel, tetapi, penginapan yang kamu sediakan harus tetap menawarkan keunggulan. Baik dari segi harga, fasilitas, hingga ciri khas. Tidak harus tampak modern, kamu justru bisa menawarkan penginapan jadul alias jaman dulu. Asalkan, kebersihannya tetap terjaga dengan baik.

Jangan lupa untuk melakukan kerja sama dengan pengelola wisata agar mengarahkan wisatawan untuk menginap di tempatmu. Manfaatkan media sosial untuk mempromosikan homestay milikmu agar semakin banyak wisatawan dan masyarakat sekitar yang tahu.

Jadi Reseller

Meskipun jauh dari jangkauan kota, tetapi, desa juga menjadi target market untuk beragam brand nasional atau lokal. Tidak hanya di sektor perlengkapan rumah tangga saja, melainkan juga produk kecantikan, kesehatan, dan masih banyak lagi.

Sila jadi reseller dari brand yang memiliki potensi terbesar untuk laris manis di desa. Selanjutnya, lakukan pemasaran dengan memasang banner di depan rumah atau tempat usaha. Untuk awal usaha, kamu bisa mempersiapkan etalase yang sederhana untuk menyimpan produk.

Beternak Lele

Peluang usaha di kampung yang selanjutnya adalah dengan beternak lele. Usaha ini memang sudah lama dijalankan masyarakat. Namun, tidak ada salahnya bagimu untuk mencoba. Ternak lele sangat menjanjikan, bahkan, beberapa diantaranya sudah masuk pasar internasional.

Lele adalah salah satu jenis hewan laut yang paling mudah bertahan hidup. Sehingga, keberhasilannya tidak bisa diragukan lagi. Bibitnya pun bisa diperoleh dengan mudah. Kolam untuk budidaya pun bisa menggunakan lahan yang sempit.

Karena mudahnya usaha ini untuk dijalankan, maka kamu harus menerapkan strategi yang tepat. Seperti dengan menjalin kerja sama dengan pengusaha pecel lele, restoran, dan supermarket. Silakan coba juga memasarkan melalui media sosial.

Jualan Pewangi Pakaian Literan

Saat ini, pewangi pakaian literan memang sedang banyak digandrungi oleh masyarakat. Selain bau harumnya lebih tahan lama, juga memiliki harga yang cenderung terjangkau. Kamu juga bisa berinisiatif untuk menjualnya secara ecer. Silakan gunakan wadah lain yang lebih kecil seperti jerigen mini hingga botol semprot 30 ml.

Nah, kalau kamu punya kemampuan dan latar belakang pendidikan kimia, sila buat racikan sendiri. Sebab, bahan bakunya tidak terlalu sulit untuk didapatkan.

Warung Sembako

Membuka warung sembako mungkin sebuah peluang usaha di desa yang klise dan sudah banyak pelakunya. Untuk itu, agar warungmu tetap dilirik oleh konsumen, maka, barang yang tersedia harus lebih komplit dari warung lainnya.

Selain itu, beri juga layanan tambahan seperti pengisian pulsa, paket data, pembayaran tagihan, dan sebagainya. Jadi, setiap pelanggan akan datang ke warungmu untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan sekaligus. Jangan lupakan kebersihan warung, sebab, pelanggan akan enggan datang ke warung yang kotor dan barang-barangnya tidak tertata dengan baik.

Barbershop

Usaha di desa yang menjanjikan bagi pemilik bakat mencukur rambut adalah barbershop. Hal yang perlu kamu lakukan adalah riset dan belajar model rambut kekinian yang sedang digandrungi masyarakat. Kamu bisa belajar melalui YouTube dan Google. Riset lah gaya rambut dari berbagai negara, termasuk Korea karena saat ini sedang sangat hits.

Memiliki kemampuan lain seperti mengecat rambut, smoothing, rebounding, creambath, dan sebagainya juga akan menjadi poin plus untuk usaha barbershop-mu.

Beberapa peralatan yang perlu kamu siapkan adalah sisir, gunting, hair dryer, cermin, alat pemotong rambut elektrik, kursi, gambar model rambut, dan sebagainya.

Warkop Alias Warung Kopi dengan Fasilitas WiFi

Warung kopi juga menjadi salah satu peluang usaha di desa yang menjanjikan. Sebab, warkop adalah tempat nongkrong masyarakat untuk berbagi cerita dan sekadar bercanda. Tidak perlu menyediakan terlalu banyak varian kopi, cukup beberapa jenis saja untuk awal usaha. Hanya saja, kamu harus membuat tempat yang nyaman untuk nongkrong.

Tambahkan juga fasilitas pendukung seperti Wi-Fi. Sudah pasti warung kopimu akan laris manis dan dikerumuni pengunjung. Pastikan juga tempat usahamu cukup strategis, ya!

Toko Pertanian

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa di desa mayoritas masyarakatnya bekerja sebagai petani. Tentu saja akan membutuhkan berbagai macam alat dan kebutuhan pertanian. Beberapa produk yang dapat kamu jual diantaranya pupuk, obat kimia, pestisida, dan beragam alat tani.

Modal yang kamu butuhkan tergantung dari besar kecilnya usaha yang akan dijalankan. Jika kamu ingin membuat toko yang besar, maka modalnya juga harus besar.

Beternak Kroto

Banyak keuntungan bagimu jika memilih usaha ternak kroto. Pelaku usaha ini belum cukup banyak. Namun, kebutuhannya dari hari ke hari semakin besar. Kroto sendiri merupakan telur semut rangrang. Cara membudidayakannya cukup mudah karena tidak membutuhkan lahan yang luas. Kamu hanya membutuhkan toples-toples plastik kecil atau paralon.

Harga satu kilo kroto bisa mencapai puluhan ribu. Kroto sendiri sangat dibutuhkan oleh pecinta burung sebagai pakan yang mengandung protein tinggi.

Sewa Tenda dan Sound System

Salah satu peluang usaha sampingan di desa yang potensinya sangat besar adalah membuka penyewaan sound system dan tenda. Dua benda ini sangat dibutuhkan untuk acara-acara besar seperti pernikahan, pengajian, khataman, khitan, maulid nabi, dan sebagainya.

Awalnya, modal yang dibutuhkan memang cukup besar. Namun, jika sudah berjalan, maka bisnis ini akan menjadi passive income yang sangat menguntungkan. Tinggal duduk saja, kamu sudah bisa mendapatkan banyak uang.

Bimbingan Belajar dan Les Privat

Selalu ada peluang usaha jika kamu berusaha mencarinya. Salah satu yang tepat untuk diterapkan di desa adalah bimbingan belajar dan les privat. Usaha ini cocok untuk kamu yang merupakan lulusan jurusan pendidikan. Pun, bisa dilakukan oleh para guru honorer.

Beberapa jenis modal yang kamu butuhkan hanya alat peraga, papan tulis, meja dan kursi, dan sebagainya. Kamu bisa menggunakan rumah sendiri sebagai tempat bimbelnya. Atau, datangi langsung rumah-rumah murid.

Selain bisa mendapatkan penghasilan tambahan, kamu juga bisa berbagi ilmu yang dimiliki. Semakin dibagikan, niscaya ilmu yang dimiliki juga akan semakin bertambah.

Budidaya Jamur Tiram

Peluang usaha di bidang pertanian memang masih jadi favorit masyarakat pedesaan. Salah satu yang bisa kamu pilih adalah budidaya jamur tiram. Modal yang kamu butuhkan tidak terlalu besar. Bahan bakunya pun mudah ditemukan di desa. Mulai dari kapur, kayu, serta dedak (pakan ayam). Selain itu, kamu juga butuh plastik dan drum bekas untuk menanak log atau baglog.

Kenapa usaha ini sangat cocok dilakukan di desa adalah karena lahan dan rumah warga masih cukup luas. Pastinya, ada ruangan yang dapat kamu manfaatkan sebagai penyimpanan log jamur. Silakan pelajari proses, bahan, serta pemasarannya melalui internet. Kamu juga bisa bergabung di grup Facebook yang membahas tentang usaha budidaya jamur tiram.

Laundry

Perkembangan masyarakat desa memang sangat pesat. Saat ini, lebih banyak perempuan desa yang lebih senang bekerja ketimbang hanya di rumah saja. Sehingga, ada banyak tugas domestik yang tidak sempat dikerjakan. Salah satunya adalah mencuci pakaian.

Biasanya, jenis laundry yang lebih banyak diminati oleh masyarakat desa adalah pencucian selimut dan karpet. Sebab, meski sudah banyak yang memiliki mesin cuci, dua benda tersebut kerap kali tidak muat di dalamnya. Sehingga, laundry selimut dan karpet lebih laris.

Kerajinan Tangan

Kalau usaha di desa yang satu ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Melainkan yang berbakat dan ulet. Sebab, yang memiliki bakat pun belum tentu telaten menjalankannya. Nah, usaha kerajinan tangan ini bisa jadi berkembang dengan baik, bahkan go international.

Contoh sukses dari usaha kerajinan tangan di desa adalah kelompok ibu di Kalimantan yang membuat perhiasan dari manik-manik khas Kalimantan. Kini, batu manikam tersebut sudah menjadi bagian dari pagelaran fashion di kancah global. Kamu sangat berpotensi untuk mengikuti jejaknya!

Jualan Minuman Kekinian

Dengan mudahnya informasi didapatkan dari internet, anak-anak dan remaja di desa pun sudah mengenal berbagai hal dengan cepat. Salah satunya terkait dengan jenis minuman yang hits dan kekinian.

Nah, tentunya, jika kamu salah satu orang yang suka meracik minuman, maka usaha ini sangat tepat dijalankan. Pastinya, kamu harus update dan mengikuti informasi minuman apa yang sedang digandrungi masyarakat. Mulai dari Thai tea, dalgona, Mango Thai, boba, dan sebagainya.

Freelance di Dunia Digital

Jika kamu mencari bisnis sampingan di desa, tentu freelance di dunia digital sangat disarankan. Pasalnya, dunia maya tidak mengenal usia, tempat tinggal, bahkan ijazah. Yang menentukan kamu layak mendapatkan proyek atau tidak hanya lah skill.

Apakah kamu seorang programmer, web designer, graphic desainer, atau writer, semua berpotensi mendapatkan penghasilan. Kamu bisa memanfaatkan beberapa marketplace seperti Fivver, Projects, Sribulancer, Freelancer, Upwork, Sribu, dan masih banyak lagi.

Kamu tidak hanya bisa mendapatkan klien dari dalam  negeri, melainkan juga dari luar negeri dengan fee berupa dolar. Kamu boleh anak desa, tapi rejeki kamu harus internasional! Jangan hanya bercita-cita jadi PNS saja, ya! Ups!

Service Motor (Bengkel)

Saat ini, hampir semua orang memiliki kendaraan sendiri berupa motor. Tentu saja fakta ini menimbulkan sebuah peluang usaha yang akan terus dibutuhkan. Salah satunya adalah service motor atau bengkel.

Jika kamu adalah lulusan otomotif atau mengetahui masalah permesinan, bengkel adalah peluang usaha di desa yang sangat menjanjikan. Setiap hari, sudah pasti kamu akan menerima pelanggan untuk menambal ban, mengganti ban, hingga mengganti spare part.

Untuk mendapatkan alat-alat dan suku cadang motor, kamu bisa langsung ke distributor atau melalui marketplace dan website resmi brand tersebut. Jika kamu tertarik dengan dunia otomotif, tetapi belum punya skill, silakan ikuti pelatihan yang biasanya diadakan di BLK atau Balai Latihan kerja.

Service Parabola

Salah satu ciri khas orang desa adalah lebih senang memperbaiki ketimbang membeli yang baru. Begitu juga untuk masalah parabola. Di desa, penggunaan parabola jadi hal yang cukup lumrah. Sebab, sinyal UHF sulit untuk terjangkau.

Untuk itu, kamu bisa membuka jasa service parabola jika memiliki skill dalam hal tersebut. Kamu bisa memasarkan jasa ini di grup jual beli di Facebook. Sehingga, target market-mu tidak hanya dari satu desa saja. Melainkan juga satu kecamatan bahkan kabupaten.

Dari sekian banyak peluang usaha di desa, mana yang paling tepat untukmu? Menurut hemat penulis, hal yang paling dibutuhkan saat ini bukan hanya ijazah saja. Melainkan skill dan kompetensi. Jika kamu memiliki kemampuan terhadap suatu bidang, dimana pun kamu berada, kamu pasti akan dibutuhkan. Peluang usaha juga akan selalu terbuka lebar.

Author: Anna

Saya Anna, sangat gemar menulis. Karena melalui tulisanlah, Saya bisa berbagi pengetahuan dan wawasan kepada para pembaca ... :)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

GelarTikar.com