GelarTikar Bisnis Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil yang Menjanjikan

Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil yang Menjanjikan

Ide Bisnis Rumahan

Ada banyak cara untuk mendapatkan penghasilan, salah satunya adalah berbisnis sendiri. Pada dasarnya, memulai suatu bisnis memang tidak bisa dibilang mudah. Namun, jika kamu tekun dan ulet, maka profit yang akan didapatkan tentu sangat menjanjikan. Bahkan, untuk jenis bisnis rumahan sekalipun, hasilnya tidak kalah dengan bekerja kantoran.

Selain itu, dengan melakukan bisnis rumahan, kamu bebas untuk menjalankan usaha sendiri tanpa intimidasi dan tekanan dari atasan. Peluang bisnis rumahan juga bisa dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar, jadi, kamu tidak perlu menjual ginjal dulu, hihi!

Jika kamu ingin memulainya, simak dulu beberapa ide bisnis rumahan di bawah ini! Tinggal pilih yang sesuai passion dan kemampuan. Langsung saja, ini dia penjelasannya!

Jualan Jus dan Frozen Food

Ide bisnis jualan jus buah di rumah
Jualan jus buah (image source : centralrestaurant.com)

Bisnis rumahan yang menjanjikan yang pertama adalah berjualan jus dan frozen food. Eits, jangan remehkan usaha yang satu ini. Meskipun terbilang sederhana, tapi berjualan jus dan frozen food cukup menguntungkan. Sebab, jus adalah salah satu minuman yang banyak digemari mengingat iklim di Indonesia yang cenderung panas.

Silakan buka kedai sederhana terlebih dahulu di depan rumah, jangan lupa buat banner agar orang-orang tahu kalau kamu menjual produk tersebut. Bisnis ini bisa dimulai hanya dengan modal ratusan ribu rupiah saja, lho!

Baca juga : Tips dan Cara Memulai Bisnis Frozen Food

Warung Makan

Usaha warung makan modal kecil
Usaha warung makan (image source : shutterstock.com)

Bisnis rumahan dalam bentuk kuliner memang tidak ada sepinya. Sebab, saat ini, banyak orang menginginkan sesuatu yang instan dan praktis. Nah, jika kamu bertempat tinggal di area yang padat penduduk, tentu peluangnya sangat menjanjikan.

Untuk menjalankan bisnis warung makan, maka kamu hanya butuh modal sekitar Rp 2 juta saja untuk membeli berbagai macam bahan-bahan masakan. Untuk jenis masakannya sendiri adalah masakan rumah seperti ayam goreng, lodeh, telur dadar, gudeg, dan sebagainya. Jika sudah laris, maka potensi penghasilannya bisa mencapai tiga kali lipat dari modal awal.

Memproduksi Snack

Bisnis Snack Rumahan modal kecil
Bisnis snack (image source : shutterstock.com)

Selain makanan besar, snack juga memiliki potensi terjual dengan cepat. Pasalnya, snack harus ada di meja setiap hari. Snack juga kerap disajikan untuk menonton televisi dan berkumpul dengan keluarga. Kamu bisa memproduksi berbagai macam keripik, mie lidi, makaroni, dan sebagainya. Jangan lupa untuk riset terlebih dahulu kira-kira snack apa yang sedang hits saat ini.

Jika sudah, kamu bisa memasarkannya secara offline dan online. Sila titipkan ke warung-warung tetangga, kantin sekolah, dan juga toko. Selain itu, pasarkan juga di media sosial ataupun marketplace yang kamu gunakan.

Budidaya Ikan Hias

Peluang bisnis ikan hias
Bisnis ikan hias (image source : shutterstock.com)

Beralih dari bisnis rumahan di bidang kuliner, untuk kamu yang punya passion merawat hewan peliharaan seperti ikan hias, ini adalah peluang penghasilan yang sangat besar. Agar bisnis bisa berjalan dengan baik, tentu kamu harus menguasai pasar terlebih dahulu. Pun, harus mengetahui jenis ikan hias, ciri-cirinya, serta cara mengembang biakkannya.

Beberapa jenis ikan hias yang bisa kamu budidayakan adalah lohan, gupy, discus, angel, Oscar, cupang, koi, dan sebagainya. Menjalankan bisnis ini juga tidak memerlukan modal yang terlalu besar.

Jasa Desain Grafis

Jasa desain grafis dari rumah
Jasa desain grafis (image source : chaedar.com)

Tidak bisa dipungkiri bahwa semua orang saat ini butuh jasa desain grafis. Mulai dari pembuatan banner, logo, gambar T-Shirt, desain web dan blog, kartu nama, packaging, dan sebagainya. Bahkan, jasa desain grafis juga dibutuhkan untuk online shop dalam mempromosikan produknya.

Nah, peluang yang sangat besar ini tidak boleh kamu sia-siakan apabila memiliki bakat mengoperasikan software desain grafis seperti Corel Draw atau Photoshop. Modalnya, hanya laptop atau komputer saja. Wah, murah banget, ya!

Jasa Service Elektronik

Bisnis rumahan, jasa servis eletronik
Jasa service barang elektronik (image source : shutterstock.com)

Membuka jasa service elektronik adalah salah satu bisnis rumahan yang menguntungkan. Sebab, jasa ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat mengingat semua hal di dunia ini berhubungan dengan alat elektronik. Pastinya, tidak semua orang bisa menjalani bisnis ini. Melainkan hanya untuk orang yang paham tentang elektro.

Dekorasi Tanaman Artifisial

Merangkai tanaman artifisial
image source : artificialplantshop.com.au

Untuk kamu yang punya kreativitas tinggi dalam menciptakan hasil karya, mungkin, membuat tanaman artifisial bisa dipertimbangkan. Sebab, tanaman artificial kerap dipilih untuk dekorasi di berbagai acara. Seperti lamaran hingga pernikahan.

Soal modal, tentu tidak membutuhkan biaya terlalu tinggi. Sebab, bahan-bahan untuk membuatnya cenderung memiliki harga yang murah. Sementara itu, yang lebih mahal adalah cita rasa seni dan kemampuan menaikkan nilai dari suatu barang.

Agen PPOB

Agen PPOB
image source : roketpulsa.id

Bisnis rumahan yang selanjutnya sangat mudah untuk dijalankan. Bahkan, untuk kamu yang tidak mempunyai skill apapun. Agen PPOB atau payment point online banking adalah agen pembayaran resmi. Beberapa jenis pembayaran yang bisa kamu layani adalah listrik, PDAM, Pay-TV, game online, pembelian tiket pesawat dan kereta api, serta tagihan internet dan telepon.

Kamu tidak perlu membuka warung di depan rumah, cukup tempel banner saja, maka orang-orang akan berdatangan mencarimu, gampang, kan? Modalnya juga tidak terlalu besar, kok!

Jasa Manajemen Media Sosial

Jasa manajemen akun sosial media
image source : shutterstock.com

Saat ini, ada banyak online shop yang memanfaatkan media sosial dan marketplace untuk menjual barangnya. Bagi pemilik olshop, mungkin tidak memiliki waktu untuk mengurus masalah pemasaran. Di sini lah kamu bisa berperan. Tawarkan pada olshop untuk proses promosi dan mengelola media sosialnya.

Jadi, tugas kamu nantinya adalah membuat konten berupa gambar dan tulisan (caption) di media sosial yang bersifat mengajak. Pastinya, konten tersebut harus menarik supaya mendatangkan respon positif dari pengguna media sosial. Modal yang dibutuhkan tidak banyak, hanya hp atau laptop dan paket data saja.

Bisnis Rumahan Berjualan Produk dengan Sistem Pre-Order

Bisnis sistem PO, modal sangat kecil
Bisnis sitem PO (image source : shutterstock.com)

Jika kamu ingin menjual suatu produk tapi modal yang dimiliki sangat minim, sebaiknya jualan dengan sistem pre-order. Artinya, bisnis rumahan ini bisa dijalankan dengan pemesanan terlebih dahulu. Setelah itu, barang baru didatangkan dari supplier.

Banyak produk yang dapat kamu jual dengan sistem ini, seperti produk makanan, fashion, kerajinan, elektronik, dan sebagainya.

Jadi Youtuber

Youtuber
image source : shutterstock.com

Youtuber juga sudah mulai diakui sebagai profesi yang menjanjikan saat ini. Nah, jika kamu memiliki ide-ide cemerlang untuk membuat konten video yang menarik, maka ini adalah bisnis rumahan yang menjanjikan untukmu. Apalagi kalau ditambah dengan kemampuan edit video yang mumpuni.

Membuat konten YouTube tidak harus menampilkan wajah di depan kamera. Kamu bisa membuat video tutorial, hingga pembahasan tentang pelajaran sekolah. Modalnya sangat murah, cukup kreativitas, dan waktu yang luang saja.

Jasa Cuci Sepatu, Tas, dan Topi

Jasa cuci sepatu, tas, dan topi
image source : shutterstock.com

Jika jasa laundry sudah terlalu menjamur, maka kamu bisa mempertimbangkan usaha laundry sepatu, tas, dan topi. Namun, teknik mencuci pakaian dengan tiga benda tersebut berbeda. Sehingga, kamu harus mempelajarinya terlebih dahulu.

Namun, soal modal, jasa cuci sepatu, tas, dan topi lebih murah. Sebab, di awal, kamu bisa mencucinya secara manual terlebih dahulu.

Jualan Pulsa dan Paket Internet

Bisnis pulsa dan kuota internet
Konter pulsa (image source : roketpulsa.id)

Siapa sih, yang saat ini tidak membutuhkan pulsa dan paket internet? Semua orang saat ini memiliki gadget sendiri, sehingga, kebutuhan paket internet pun akan semakin tinggi. Untuk itu, manfaatkan peluang ini dengan menyediakan pulsa dan paket internet.

Kamu bisa mencari vendor pulsa dan paket internet, atau bisa juga langsung memanfaatkan marketplace seperti Shopee. Nah, jangan lupa untuk memasang banner di depan rumah untuk menarik lebih banyak calon pembeli.

Dropshipper

Sistem bisnis dropshipping
Sistem dropshipping (image source : pelajaran.co.id)

Satu lagi bisnis rumahan modal kecil yang bisa dilakukan siapa saja tanpa membutuhkan skill sama sekali. Ya, menjadi dropshipper. Bisnis ini bahkan bisa dibilang tidak membutuhkan modal sama sekali. Yang kamu perlukan hanya smartphone dengan jaringan internet yang lancar saja.

Bisnis ini melibatkan kamu sebagai droshipper, pembeli, serta supplier. Nantinya, kamu akan meminta supplier untuk mengirimkan produk ke pembeli. Kamu pun tidak perlu repot packing atau mengantarkannya ke ekspedisi. Sebab, yang melakukan hal tersebut adalah supplier. Kamu tinggal duduk manis, main smartphone, dan keuntungan pun akan masuk ke rekeningmu.

Bimbel atau Les Privat

Les Privat
image source : shutterstock.com

Kalau kamu adalah seorang sarjana pendidikan dan malas untuk menjadi guru honorer karena gajinya yang tidak masuk akal, maka membuka bimbel bisa dipertimbangkan. Bimbel atau bimbingan belajar tentu mempunyai peminat yang cukup besar. Apalagi di era pandemi ini, pelajaran yang diberikan oleh pihak sekolah tentu sangat terbatas dan tidak maksimal.

Untuk itu, bimbel sangat laris manis bagi pelajar. Agar target market-mu lebih luas, kamu juga bisa membuka bimbel secara online. Jadi, dimana pun calon pengguna jasamu berada, kamu tetap bisa menjangkaunya.

Demikian beberapa ide bisnis rumahan modal kecil yang bisa kamu pertimbangkan. Di awal bisnis, mungkin tidak akan mudah, kamu harus melakukan upaya ekstra untuk melakukan pemasaran. Namun, jika sudah berjalan, agaknya, bisnis memiliki peluang untuk membuat kamu lebih berkembang. Selamat berbisnis!

Author: Anna

Saya Anna, sangat gemar menulis. Karena melalui tulisanlah, Saya bisa berbagi pengetahuan dan wawasan kepada para pembaca ... :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

GelarTikar.com